Bolting

Teknik Yang Benar Menggunakan Torque Multiplier (Multiplier Torque)

Ditulis Oleh: Hyprowira | Diterbitkan pada 02 July 2017 | Dimodifikasi terakhir pada 17 December 2019

Industri pembuatan mesin menjadi industri yang sangat digunakan pada saat ini karena membawa banyak sekali hal yang dibutuhkan untuk masyarakat luas. Dengan pembuatan mesin di dalam industri tersebut, maka mesin-mesin yang dibuat bisa berguna untuk digunakan. Untuk bisa memperkuat produksi mesin, maka dibutuhkan alat-alat penunjang lainnya. Salah satunya adalah torsi multiplier. Torsi multiplier adalah tools yang sangat berguna bagi industri pembuatan mesin karena fungsi utamanya yang bisa menaikkan level torsi dengan cara yang lebih mudah di area yang tidak bisa dijangkau oleh tangan manusia. Penggunaan torsi multiplier biasanya digunakan untuk mengatasi adanya bengkok yang terjadi akibat pemasangan baut atau mur beda kekencangannya.

Dari sekian banyak merek torsi multiplier yang ada di pasaran pada saat ini, Alkitronic adalah salah satu brand yang menjual berbagai produk  torsi multiplier yang sudah dijual di seluruh dunia dan unggul di antara brand lainnya. Keunggulan dari brand Alkitronic dalam memproduksi torsi multiplier adalah kualitas power dan juga penggunaan yang lebih baik, lebih efisien, memberikan tingkat kekencangan yang lebih baik sehingga output torsi yang dihasilkan bisa lebih tepat, terdiri dari banyak variasi sumber tenaga dan tentunya menggunakan teknologi dari Jerman yang sudah paten dan teruji untuk aplikasi wind turbine. 

Itulah penjelasan singkat tentang keunggulan torsi multiplier dari brand Alkitronic yang sudah terbukti kualitas. Dengan kebutuhan akan torsi multiplier di dalam industri pembuatan mesin, dan juga betapa pentingnya keberadaan torsi multiplier agar bisa memudahkan sistem pengerjaan mesin juga, ada berbagai macam informasi menarik tentang torsi multiplier yang bisa Anda ketahui. Bagi yang penasaran untuk informasi menarik lainnya tentang torsi multiplier, berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi dan manfaat dari torsi multiplier dalam industri mesin dan bagaimana teknik menggunakannya yang benar agar bisa lebih efisien, efektif, dan optimal.

 

Fungsi Torsi Multiplier

Dari penjelasan di atas, sebenarnya sudah ada informasi sedikit tentang fungsi dari torsi multiplier itu sendiri. Secara umum, torsi multiplier memiliki fungsi untuk menggandakan perbandingan nilai torsi pada sebuah mesin, sehingga semakin besar nilai perbandingan torsi maka semakin mudah mesin tersebut dijalankan yang disesuaikan dengan beban yang ditanggungnya.

Jadi saat nilai torsi sudah digandakan menggunakan torsi multiplier, maka tenaga yang dihasilkan juga semakin besar. Inilah alasan mengapa torsi multiplier dibutuhkan oleh industri pembuatan mesin. Besarnya beban berat yang ditanggung oleh mesin industri di dalam proses pembuatan mesin bisa dibuat lebih ringan dengan penggunaan torsi multiplier.

Dalam penggunaannya, torsi multiplier sering disebut sebagai cheater bars dan dinilai lebih aman digunakan untuk meningkatkan nilai torsi dibandingkan dengan menggunakan extended handles secara teknis. Gigi-gigi yang kerap digunakan untuk teknik menggunakan torsi multiplier adalah epicyclic gearing di mana pada setiap tahap gearing-nya akan meningkatkan level torsi dengan bantuan torsi multiplier.

Bersamaan dengan penggunaan torsi multiplier, output perbandingan kecepatan mesin yang dihasilkan lebih kecil jika dibandingkan dengan inputnya. Penurunan kecepatan pada mekanisme mesin ini justru membuatnya menjadi lebih proporsional dengan nilai kenaikan torsinya. Misalnya dengan menggunakan torsi multiplier dengan perbandingan 3:1 secara teori membuat tingkat torsi naik menjadi 3 kali lipat namun kecepatannya hanya 1/3-nya saja. Meski begitu, dalam praktek riilnya output nilai torsi yang keluar tidak sebanyak perhitungan teorinya karena adanya gesekan pada mesin dan juga faktor inefisiensi lainnnya pada mekanisme mesin. Dengan begitu perbandingan output torsi dengan kecepatan mesin masih proporsional.

Itulah penjelasan fungsi dari torsi multiplier yang membuat mesin industri pembuatan mesin bisa bekerja lebih maksimal. Memang pada awalnya, torsi multiplier tidak akan terlalu dipergunakan untuk menaikkan nilai torsi dari mesin tersebut. Namun seiring berjalannya waktu dan juga adanya penambahan beban berat produksi yang semakin besar, akhirnya torsi multiplier menjadi sangat berguna juga. Fungsi torsi multiplier inilah yang sangat dipergunakan untuk industri pembautan mesin. Sekarang saatnya masuk ke dalam tata cara penggunaan torsi multiplier.

 

Bagaimana Cara Menggunakan Torsi Multiplier?

Setelah di poin sebelumnya sudah menjelaskan tentang fungsi dari torsi multiplier, sekarang saatnya masuk ke dalam pembahasan bagaimana cara menggunakan torsi multiplier. Untuk bisa menggunakan torsi multiplier, memang diperlukan langkah-langkah yang tepat dan teratur. Jangan sampai ketika Anda menggunakan torsi multiplier, Anda malah mengambil langkah yang salah. Alih-alih mampu menaikkan nilai torsi dari mesin industri pembuatan mesin, yang ada malah merusak mesin dan nilai torsi tidak jadi naik. Untuk bisa menggunakan torsi multiplier, maka simak cara menggunakannya di bawah ini:

 

Langkah Pertama

Langkah pertama untuk menggunakan torsi multiplier adalah pastikan Anda membaca dan memahami panduan manual yang disertakan dalam setiap kemasan pembelian torsi multiplier termasuk peringatan-peringatan yang diberikan. Lihat pada daftar spesifikasinya berapa nilai perbandingan multipliernya. Misalnya torsi multiplier yang Anda miliki memiliki perbandingan 25:1, artinya Anda harus menyetel kunci momen yang digunakan pada nilai 1/25 dari torsi yang dibutuhkan. Jangan menyetel lebih dari nilai input yang disarankan.

 

Langkah Kedua

Langkah yang kedua adalah dengan memilih reaction point yang cocok. Posisi reaction point yang bagus akan menghasilkan tekanan yang maksimal. Sedangkan apabila salah dalam memilih reaction point maka tekanan yang dihasilkan bisa membuat mekanisme menjadi rusak atau aus. Setelah reaction point-nya tepat, mulai kencangkan kunci momen dan juga torsi multipliernya sampai terdengar bunyi klik yang artinya torsi multiplier sudah aman terkunci dan bisa digunakan.

Itulah penjelasan tentang bagaimana cara menggunakan torsi multiplier dengan tepat dan efektif. Namun sebelum mengikuti cara penggunaan torsi multiplier seperti yang telah dijelaskan di atas, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Ada beberapa peringatan penggunaan yang mesti diperhatikan saat menggunakan torsi multiplier adalah sebaiknya tidak menggunakan pengungkit yang terlalu panjang. Meski terlihat bisa lebih mudah untuk digunakan namun penggunaan pengungkit panjang bisa berbahaya jika bersamaan dengan torsi multiplier. 

Untuk melepaskan torsi multiplier dilakukan dengan membalik cara pemasangan, jangan langsung dilepas atau bahkan dipaksa. Selain menggunakan produk torsi multiplier dari Alkitronic, pemilihan kunci momen yang tepat juga akan membuat kerja mekanis Anda semakin mudah dan efisiensi biaya.

Maka dari penjelasan tentang hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan torsi multiplier, maka sudah terlihat jelas kalau produk torsi multiplier dari Alkitronic bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Jangan sampai Anda menggunakan torsi multiplier merek lain, yang secara kualitas masih di bawah dari torsi multiplier Alkitronic. Daripada Anda mendapatkan produk yang secara kualitas dan kekuatan malah lebih buruk, jangan ragu untuk memilih torsi multiplier dari Alkitronic.

 

Menggunakan Torsi Multiplier dengan Aman

Di atas memang sudah dijelaskan tentang cara penggunaan dari torsi multiplier. Namun agar bisa mendapatkan cara penggunaan torsi multiplier yang jelas keamanannya, maka cara-cara di bawah ini perlu Anda ketahui dan perlu diikuti juga. Berikut penjelasan singkatnya:

- Ketika multiplier digunakan dalam frekuensi yang reguler sebaiknya tidak perlu digunakan kemudian disimpan kembali, melainkan dibiarkan saja dalam kondisi standby. Tetapi jika perlu disimpan, sisakan sedikit kompresi pada torsi multiplier, jangan sampai ke angka nol dan jangan terlalu penuh karena bisa mengganggu akurasi torsi yang dibutuhkan.

- Dalam menggunakan pengganda torsi sebaiknya dilakukan dengan hati-hati, cermat, dan cukup hanya satu kali klik saja. Setiap tambahan klik yang digunakan maka aka nada tambahan torsi pada perkakas yang dikerjakan.

- Torsi multiplier yang digunakan untuk kemudi tangan kiri pada kendaraan tertentu dan pada pedal sebelah kiri sepeda menggunakan putaran yang arahnya berlawanan dengan jarum jam, jadi sebelum digunakan sebaiknya cek dulu spesifikasinya karena jika salah putar maka bisa kehilangan kontrol pada torsinya.

- Ada banyak aplikasi smartphone yang bisa digunakan untuk mengkonversi satuan yang digunakan pada hitungan torsi agar bisa lebih presisi.

- Ketika ada perkakas yang akan dikerjakan dengan torsi multiplier, sesuaikan skalanya dengan spesifikasi torsi yang dibutuhkan.

 

Mekanisme Menggunakan Torsi Multiplier

Selanjutnya adalah penjelasan tentang mekanisme menggunakan torsi multiplier. Memang sebenarnya juga sudah dijelaskan di atas, namun ketika Anda membaca buku panduan yang sudah diberikan oleh pihak produsen torsi multiplier, mungkin sedikit merepotkan untuk Anda. Tenang saja, kami telah merangkum mekanisme tepat dalam menggunakan torsi multiplier yang lebih sederhana dan mudah untuk Anda ikuti dan mengerti. Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk menggunakan alat ini:

- Posisikan tangan pada bagian tengah di area yang ditandai atau area load point, hal ini untuk menambah tingkat presisi penambahan torsi pada perkakas.

- Torsi multiplier bisa digunakan untuk melepas baut atau mur asalkan skala torsi yang digunakan tidak melebihi batas maksimal.

- Dilarang keras untuk menambahkan perpanjangan handle misalnya menggunakan pipa, karena bisa mengurangi akurasi.

- Tidak semua torsi multiplier ada kunci pengamannya, tapi jika ada jangan abaikan penggunaannya.

- Ada beberapa tipe parts di luar perlengkapan multiplier dari pabriknya yang bisa digunakan untuk mengoperasikan multiplier lebih mudah. Misalnya fitting dengan bentuk kaki burung yang bisa digunakan untuk memasang baut yang bentuknya kotak.

 

Itulah beberapa hal yang mesti Anda ketahui mengenai torsi multiplier yang meliputi cara menggunakannya yang aman dan juga hal-hal yang mesti diperhatikan saat bekerja dengan torsi multiplier. Dengan informasi lengkap tentang torsi multiplier di atas, Anda sudah pasti tahu tentang betapa pentingnya torsi multiplier untuk industri pembuatan mesin yang hasil dari produksi industri tersebut berguna untuk masyarakat.

Dengan banyaknya kegunaan dari mesin yang dihasilkan, maka dibutuhkan alat industri produksi mesin yang memiliki kualitas yang mumpuni. Di sanalah hadir torsi multiplier yang mampu menyelesaikan urusan menaikkan nilai torsi dari mesin industri tersebut.

6377x dilihat