Kunci Momen
Artikel

Mengenal Berbagai Jenis Kunci Momen

Ditulis Oleh: Hyprowira | Diterbitkan pada 16 July 2019 | Dimodifikasi terakhir pada 24 July 2019

Kunci momen atau torque wrench atau kunci torsi merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengeratkan baut atau mur dengan tingkat kekuatan dan kekencangan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dari definisi ini kita tentu dapat menyimpulkan fungsi dari kunci momen adalah untuk mengukur gaya puntir pada mur maupun baut hingga mencapai momen kekencangan tertentu.

Untuk melaksanakan pekerjaannya, kunci momen terdiri dari dua sisi ujung dengan fungsi yang berbeda. Satu sisi ujung kunci momen digunakan mur atau baut yang akan dieratkan, sementara sisi ujung lainnya digunakan untuk melihat tingkat kekuatan atau kekencangan mur atau baut yang dieratkan.

Mengingat kebutuhan masyarakat akan kunci momen yang beragam, produsen berlomba-lomba menciptakan beberapa jenis kunci momen yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan diantaranya adalah torque wrench model jarum penunjuk (deflecting beam), torque wrenchmodel dial indicator, torque wrench model setting micrometer dan model Klik (Click Adjustable).

 

Torque Wrench Model Jarum Penunjuk (Deflecting Beam)

Torque wrench model jarum penunjuk (deflecting beam) merupakan jenis kunci momen yang akan menunjukan tingkat atau besar ukuran kekencangan mur maupun baut yang dieratkan dari batang penunjuk. Jarum penunjuk ini akan bergerak menuju angka-angka atau skala tertentu, dimana pergerakan ini didasarkan atas besaran dari momen pengencangan yang dilakukan.

 

Kunci Torsi Model Dial Indikator

Sesuai dengan namanya, jenis kunci torsi yang satu ini menggunakan dial indikator sebagai alat pengukur tingkat kekuatan atau kekencangan mur maupun baut. Dial Indikator atau yang disebut juga dengan nama dial gauge ini dapat digunakan untuk memeriksa penyimpangan  dengan skala yang sangat kecil dari bidang silinder, bidang bulat, bidang datar dan kesejajaran. Pengukurannya sendiri tergantung dari tipe dial indikator yang digunakan namun pada umumnya tingkat ketelitian bisa berkisar antara 0,01 mm hingga 0,001 mm.

Dial indikator sendiri merupakan alat ukur yang tidak bisa berdiri sendiri sehingga harus dipasangkan kepada alat bantu. Dalam proses pemasangannya ini harus diperhatikan dengan baik, dimana posisi dial gauge harus terpasang dengan posisi sejajar / tegak lurus measuring point. Dalam dunia otomotif alat ukur yang satu ini termasuk yang banyak digunakan.

 

Torque Wrench Model Setting Micrometer

Kunci momen model lain adalah torque wrench model setting micrometer. Jenis Torque wrench yang satu ini memungikinkan kita untuk dapat mengatur momen kekencangan mur maupun baut sesuai keinginan dengan cara menyetel ukuran kekencangannya atau setting micrometer di bagian tangkai kunci momen. Dengan ukuran tertentu, kunci shock dapat mengencangkan mur maupun baut.

Demikianlah informasi mengenai jenis-jenis kunci momen atau torque wrench, semoga dapat bermanfaat. Pada umumnya Torque wrench digunakan untuk pengerasan akhir, setelah sebelumnya dilakukan pengerasan ditahap awal dengan menggunakan kunci biasa seperti kunci shock. Selain itu alat ini juga berfungsi untuk mengetahui besar momen kekencangan dan diharapkan sesuai dengan spesifikasi kekencangan mur maupun baut.

 

Kunci Torsi model Klik (Click Adjustable)

Pada model ini momen pengencangan yang diinginkan dapat diatur (Adjustable) dengan cara menyetel ukuran kekencangan pada tangkai kunci momen. Dan lebih mudah penggunaannya dibandingkan jenis deflecting beam Karena kita tidak perlu melihat skala saat pengencangan, kita hanya perlu mendengar bunyi klik jika pengencangan telah mencapai yang diinginkan.

Dalam model ini ada type settingan untuk putarannya, antara lain :

1 arah putaran searah jarum jam (Clock wise rotation)

2 arah putaran searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam (Clock wise & counter clock wise rotation)

 

Jenis jenis lain kunci momen sekarang ini semakin berkembang dan bervariasi seiring kemajuan zaman dan kebutuhan akan penggunaan. berikut jenis-jenis kunci momen yang mungkin jarang ditemui pada industri di Indonesia, antara lain :

1. Adjustable Torque Wrench

 

2. Adjustable Torque Wrench with Flexible Head

 

3. Interchangeable Torque Handle

 

4. Digital Adjustable Torque Wrench

 

Dan berikut ini adalah jenis-jenis kunci momen yang mungkin jarang ditemui di industri Indonesia, antara lain :

1. Kunci Momen Pneumatik 

Kunci momen pneumatic adalah kunci momen yang tenaga pengencangannya menggunakan bantuan pneumatic (Udara tekan) sehingga membantu pengguna operator dalam mengencangkan baut maupun mur. Momen yang dikeluarkan disesuaikan dengan mengendalikan tekanan udara yang digunakan. Alat ini biasanya digunakan dalam pengencangan baut-baut yang besar (membutuhkan pengencangan yang besar). Kunci momen pneumatik terkadang membuat bingung dalam membedakan alat Impact standart Karena bentuknya mirip (hampir sama). Tetapi kedua alat ini benar-benar berbeda satu sama lain. Kunci momen pneumatik didorong oleh gear terus-menerus bukan oleh palu impact. Inilah sebabnya mengapa kunci momen ini memiliki sangat sedikit getaran dan sangat baik dalam akurasi. Kunci ini pertama diciptakan di Jerman pada awal 1980. Kemampuannya berkisar dari 60 Nm sampai maksimum 48.600 nm. Sumber tenaga alat ini menggunakan udara yang terkompresi.

 

2. Kunci Momen Hidrolik

Kunci momen hidrolik adalah sebuah alat yang didesain untuk melakukan pengencangan baut secara tepat (sesuai spesifikasi) dengan menggunakan tenaga hidrolik. Kunci momen digunakan untuk mur baik secara langsung atau digabung dengan soket. Konsep kunci momen hidrolik pertama kali diperkenalkan di pasar sekitar di awal 1960-an dalam bentuk kuno dan beberapa kemajuan telah dikembangkan oleh produsen dan sejak saat itu memberikan kemajuan besar dalam teknologi dan juga kegunaan dari alat-alat yang melampaui konsep alat asli. Alat ini menawarkan keuntungan seperti bobot yang lebih ringan lebih kecil jari-jari yang pas kemampuan untuk menjalankan beberapa alat secara bersamaan dari satu power pack, dll.

 

 

 

3. Kunci Momen Elektrik

Kunci Momen Elektrik adalah kunci momen yang tenaga pengecengannya menggunakan menggunakan tenaga/power listrik, Kunci momen ini bekerja dengan tepat, presisi dan akurasi yang sangat baik dengan kecepatan putaran yang baik & stabil, dari beberapa pilihan model yang dimiliki kunci momen elektrik ini memiliki kemampuan momennya dari 60 Nm sampai dengan 45.000 Nm lengkap dengan pengaturan yang berhenti secara otomatis sesuai dengan momen (Nm) yang di inginkan,   dan biasanya kunci momen elektrik ini sudah dengan standar IP54 proteksi perlindungan terhadap kelembaban, debu bahkan hujan.

 

4. Kunci Momen Baterai (Battery / Cordless)

Kunci Momen jenis baterai ini menggunakan tenaga baterai yang dapat di recharge kembali apabila baterai habis. Model ini merupakan model yang sangat sederhana dapat di gunakan untuk banyak aplikasi terutama untuk penggunaan di area ketinggian tanpa harus sulit menyedia tenaga / power source yang dibutuhkan & untuk dapat di gunakan untuk area-area yang sempit terbatas. Untuk jenis baterai ini memiliki kemampuan dari 90 Nm sampai dengan 4.000 Nm dan tersedia dengan 2(dua) pengaturan kecepatan yaitu kecepatan putaran rendah & kecepatan putaran tinggi.

 

5. Kunci Momen Manual (Multiplier)

Kunci momen manual memiliki kapasitas kemampuan sangat besar dari mulai 200 Nm sampai dengan 50.000 Nm. Jenis ini dalam proses pengencangan untuk mencapai momen yang tepat & akurat tidak memerlukan tenaga / power (Listrik, Hirdolik, Pneumatik, Baterai, ataupun yang lainnya) tetapi hanya memerlukan tenaga manusia (man power), Kunci momen Manual ini memiliki kekuatan / ketahanan material & fungsi maupun aplikasi yang sangat baik.

Untuk pemesanan kunci momen / torque, Anda dapat langsung memesan dengan menghubungi kami di +62 21 29662266 / 77

8985x dilihat