Trik Pengencangan Baut dan Mur pada Mesin
Artikel

Trik Pengencangan Baut dan Mur pada Mesin

Ditulis Oleh: Hyprowira | Diterbitkan pada 16 July 2019 | Dimodifikasi terakhir pada 13 August 2019

Mengencangkan baut dan mur tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Pasalnya, jika tidak dikencangkan dengan benar, maka baut dan mur akan mudah kendur dan hal itu sangat berbahaya saat mesin digunakan. Sebaliknya, jika terlalu kencang, baut dan mur akan patah atau dol. Lalu, bagaimana cara mengencangkan baut dan mur dengan tepat? Caranya adalah mengencangkan dengan menggunakan kunci momen atau biasa disebut dengan kunci torsi. Ada kalanya Anda atau bengkel yang Anda datangi tidak memiliki kunci torsi. Hal ini sangat mungkin karena memang harga kunci torsi terbilang mahal.

Kabar gembiranya, Anda tetap bisa mengencangkan baut dan mur secara tepat walaupun akurasinya tidak terlalu akurat seperti saat Anda menggunakan kunci torsi. Caranya adalah dengan menambahkan putaran setidaknya 1/8 putaran setelah dikencangkan dengan tangan. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memasukkan mur atau baut menggunakan tangan. Walaupun terlihat aneh tapi justru memasukkan baut atau mur menggunakan tangan justru bisa lebih tepat karena tangan Anda lebih sensitif untuk mengetahui putaran mur atau baut tersebut.

Secara spesifik, putar baut atau mur tersebut setidaknya 2 hingga 3 kali menggunakan tangan. Setelah itu, putar hingga cukup kencang sesuai dengan tangan Anda. Jika sudah dirasa cukup kencang, tambahkan 1/8 putaran lagi. Sebenarnya ada salah satu cara lagi yang dinilai lebih mudah dan lebih cepat ketimbang menggunakan kunci torsi atau tangan. Cara tersebut adalah mengencangkan mur atau baut tersebut menggunakan torque multiplier.

Dengan Torque multiplier, Anda bisa mengencangkan mur atau baut tidak hanya dengan tepat tetapi juga cepat. Anda tidak perlu mengira lagi mengenai kekecangan baut atau mur dengan tangan yang risiko bahayanya lebih besar. Torque multiplier juga bisa digunakan untuk berbagai jenis mur dan baut. Misalnya, Anda ingin mengencangkan mur dan baut pada tutup oli dan busi. Memastikan bahwa mur dan batu tutup oli dan busi kencang sangat penting. Pasalnya jika tidak kencang akan terjadi kebocoran.

Cara konvensionalnya adalah dengan mengencangkan dengan tangan hingga cukup kencang. Setelah itu kencangkan lagi dengan kunci torsi. Ketepatannya ada pada standar kekencangan baut dan mur tersebut. Agar proses pengencangan baut dan mur untuk tutup oli dan busi gunakan saja torque multiplier agar lebih tingkat kekencangannya tepat.

Selain itu, Anda juga perlu mengencangkan mur atau baut as roda. Mengencangkan mur atau baut as roda juga harus dengan trik yang tepat. Pasalnya, tingkat kekencangan mur atau baut as roda tidak boleh salah. Mur dan baut as roda bisa diputar dengan tangan hingga cukup kencang. Jika sudah tidak bisa diputar dengan tangan, barulah Anda bisa menggunakan kunci torsi. Daripada lelah dan memakan waktu, torque multiplier adalah solusi tepat.

7047x dilihat