Fungsi Kunci Momen Beserta Pengertiannya
Bolting

Fungsi Kunci Momen Beserta Pengertiannya

Ditulis Oleh: Hyprowira | Diterbitkan pada 02 September 2019 | Dimodifikasi terakhir pada 02 September 2019

Kunci momen atau yang terkadang disebut dengan kunci torsi (torque wrench) merupakan salah satu peralatan penting dalam industri otomotif. Tanpa adanya kunci momen, komponen mesin dalam kendaraan tidak akan bisa terangkai dengan baik. Untuk memahami bagaimana cara kerja, jenis-jenis, dan fungsi kunci momen, Anda bisa menyimak penjelasan berikut.

 

Pengertian Kunci Momen

Untuk menggabungkan material atau komponen-komponen mesin, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan mur dan baut. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan efisien. Walau begitu, untuk bisa mendapatkan setelah mur dan baut yang tepat dibutuhkan kemampuan serta pengalaman tersendiri.

Mur dan baut yang tidak terpasang erat jelas akan berbahaya, namun jika terpasang terlalu kencang juga bisa berdampak. Untuk itu, Anda perlu tahu ukuran gaya puntir atau nilai kekencangan dari mur dan baut yang akan direkatkan. Kunci momen dapat membantu Anda mengetahuinya. Alat ini akan menunjukkan nilai kekencangan sesuai dengan pasangan mur dan baut yang Anda gunakan.

Tampilan dan cara kerja kunci momen sebenarnya serupa dengan kunci-kunci lainnya. Perbedaannya hanya terletak pada indikator pengukur yang terletak di dekat handle atau pegangan kunci. Sedangkan pada ujung satunya adalah kunci soket yang dapat digunakan untuk mengencangkan mur dan baut.

 

Fungsi Kunci Momen

Lalu, apa sebenarnya fungsi kunci momen?  Selain berfungsi untuk mengeratkan mur dan baut, kunci momen juga memiliki fungsi penting lainnya. Fungsi tersebut adalah untuk mengukur nilai kekencangan paling tepat dari mur dan baut.

Ini karena pada dasarnya mur dan baut memang memiliki nilai kekencangan masing-masing. Tidak selalu mur dan baut yang dipasang erat bagus. Dalam beberapa kondisi, mur dan baut yang dipasang erat justru bisa menimbulkan kerusakan. Untuk itulah kunci momen diperlukan agar mur dan buat dapat terpasang dengan momen yang sesuai.

 

Jenis-Jenis Kunci Momen

Sejak ditemukan pertama kali pada tahun 1931 oleh John H. Sharp, kunci momen terus mengalami inovasi untuk menyesuaikan kebutuhan. Inovasi tersebut tentunya membuat kunci momen memiliki beragam jenis dan bentuk. Berikut beberapa jenis kunci momen yang sering digunakan.

Kunci Momen Jenis Jarum (Deflecting Beam)

Kunci momen jenis ini menunjukkan nilai kekencangan dengan menggunakan indikator angka yang ditunjukkan oleh jarum. Bentuknya menyerupai pedang dengan ujung berupa kunci soket dan jarum penunjuk pada ujung lainnya. Jarum akan bergerak sesuai dengan besaran dari momen pengencangan mur dan baut yang dilakukan.

Kunci Momen Jenis Dial Indikator

Jenis kunci momen selanjutnya adalah dial indikator. Sesuai namanya, kunci momen tipe ini menggunakan dial indikator (dial gauge) untuk menunjukkan nilai kekencangan. Tingkat ketelitian kunci momen dial indikator terbilang tinggi, ada pada kisaran 0,01 hingga 0,001 mm. Alat ini umum digunakan di industri otomotif.

Kunci Momen Jenis Klik (Click Adjustable)

Selain kunci momen jarum dan dial indikator, ada juga kunci momen tipe klik. Pada kunci momen jenis ini Anda dapat menyesuaikan nilai kekencangan tanpa harus melihat skala atau jarum indikator (seperti pada kunci momen jenis jarum). Untuk mengetahui nilai kekencangan, Anda cukup mendengar bunyi ‘klik’.

 

Kunci momen merupakan peralatan penting saat Anda harus mengetahui momen dan nilai kekencangan yang tepat. Dari artikel ini, Anda dapat mengetahui apa itu kunci momen, fungsi kunci momen, serta jenis-jenis kunci momen. Semoga bermanfaat.

9167x dilihat