Torque
Bolting

Fungsi Torque untuk Industri

Ditulis Oleh: Hyprowira | Diterbitkan pada 03 July 2017 | Dimodifikasi terakhir pada 31 July 2019

Fungsi torque untuk industri sangat banyak salah satunya adalah memantau kualitas untuk menguji atau melakukan kalibrasi terhadap material torsi yang ingin diuji. Mesin torque bisanya terdiri dari click torque wrenches, torque screwdrivers, torque wrenches, air screwdrivers, nutrunners, pulse tools, electric screwdrivers, dan cordless screwdrivers. Torque sangat membantu dalam dunia industri.

Torque Testing

Alat ini merupakan sebuah instrument yang dirancang untuk dapat melakukan pengukuran besarnya gaya puntir yang dapat dilakukan ketika sedang menguji sebuah alat. Cara yang digunakan oleh peralatan ini adalah memuntir batang uji secara terus-menerus sampai batang uji putus dan telah mencapai jumlah puntiran yang telah ditentukan. Putaran yang dilakukan harus berlawanan atu searah dengan arah pada jarum jam.

Satuan yang digunakan oleh mesin torque ini ketika mengkonversi kemampuan yang dihasilkan adalah cN·m, oz, kgf·cm, in·lb, kgf·fm, ft·lb, gf·cm, N·m. alat torque ini juga menggunakan tiga metode dalam pengoperasiannya yakni 1st peak, peak, dan track. Alat torque harus mempunyai sebuah sertifikat dan standar dari (NIST) National Institute of Standards and Technology certificate.

Untuk melihat ragam jenis Torque dari Alkitronic, Anda dapat mendownload brosur ini.

589x dilihat