Apa Perbedaan antara Sistem Pneumatik dan Hidrolik?
Hidrolik

Apa Perbedaan antara Sistem Pneumatik dan Hidrolik?

Untuk keperluan industri, biasanya diperlukan perangkat mekanis yang dapat memudahkan proses produksi. Perangkat yang digunakan biasanya digerakkan oleh sistem pneumatik atau hidrolik. Keduanya memang dapat menggerakkan rangkaian komponen hingga menghasilkan energi mekanis.

Meski terlihat serupa, sistem pneumatik dan hidrolik ternyata memiliki beberapa perbedaan. Salah satu perbedaan utama bisa dilihat dari media kerja masing-masing. Pneumatik memanfaatkan udara terkompresi sedangkan hidrolik menggunakan zat cair (biasanya oli). Berikut ini penjelasan tentang perbedaan pneumatik dan hidrolik.

Cara Kerja Pneumatik

Agar dapat mengetahui perbedaan antara pneumatik dan hidrolik, sebaiknya pahamilah dahulu bagaimana cara kerjanya masing-masing. Dalam poin pertama ini akan dibahas tentang cara kerja sistem pneumatik terlebih dulu.

Secara sederhana, sistem pneumatik dapat dipahami sebagai sebuah sistem yang memanfaatkan udara (yang telah dimampatkan) sebagai sebuah media kerja untuk menghasilkan gerak. Sistem ini juga memanfaatkan beberapa hukum aeromekanika.

Sistem pneumatik sangat bergantung pada kompresor agar dapat menghasilkan udara bertekanan yang kemudian menjadi media kerja. Udara yang disedot oleh kompresor kemudian diberi tekanan sesuai dengan kebutuhan (umunya antara 6-9 bar). Setelah itu udara yang telah terkompresi akan dikeringkan dengan air dryer dan kemudian mencapai silinder kerja. Dalam silinder inilah udara kemudian akan menghasilkan gerakan.

Cara Kerja Hidrolik

Seperti yang telah disebutkan, sistem hidrolik memanfaatkan fluida berupa zat cair sebagai media kerja utama. Sistem hidrolik memanfaatkan sifat zat cair yang didukung oleh Hukum Pascal. Pada dasarnya, tekanan pada zat cair akan diteruskan sama besar ke segala arah.

Sistem hidrolik memanfaatkan fluida yang tidak terkompresi untuk kemudian menghasilkan tenaga mekanis. Sebelum menjadi tenaga mekanis, sebelumnya fluida dikenai tenaga hidrolik yang mengatur besar aliran, arah aliran, serta besar tekanan. Dengan begitu, tenaga mekanis yang dihasilkan lebih terarah dan terukur gerakannya.

Dari sini Anda sudah dapat mengetahui perbedaan sistem pneumatik dan hidrolik menurut cara kerjanya. Pneumatik memanfaatkan udara, sedangkan hidrolik memanfaatkan zat cair (biasanya oli). Sistem pneumatik pun lebih menekankan pada pemanfaatan hukum-hukum aeromekanika, sedangkan hidrolik bekerja dengan memanfaatkan Hukum Pascal. Untuk lebih memahami perbedaan pneumatik dan hidrolik, Anda dapat menyimak poin selanjutnya.

Aplikasi Sistem Pneumatik

Apabila dibandingkan dengan sistem hidrolik, pneumatik memang bekerja pada tekanan kerja yang relatif lebih kecil. Kebanyakan sistem pneumatik ada pada kisaran 550-690 KPa. Maka tidak mengherankan jika daya yang dihasilkan pun lebih kecil dari sistem hidrolik.

Penerapannya sendiri dapat ditemukan pada pekerjaan yang relatif lebih ringan daripada sistem hidrolik. Anda dapat menemukannya pada bidang kesehatan (pump pada dental engine) hingga bidang konstruksi dan pertambangan.

Aplikasi Sistem Hidrolik

Sistem hidrolik bekerja pada tekanan yang lebih besar dibandingkan pneumatik. Jika pneumatik ada pada kisaran 550-690 KPa maka hidrolik ada pada kisaran 6,9-34 MPa (sekitar 6,900-34,000 KPa).

Contohnya bisa dilihat pada pompa hidrolik di bengkel mobil. Gaya yang diberikan untuk mengangkat mobil sebenarnya tidak sebesar massa mobil. Mobil dapat terangkat karena adanya tekanan pada zat cair dalam sistem hidrolik tersebut.

 

Jika dilihat sekilas, kedua sistem penggerak ini memang terlihat serupa. Namun apabila diamati lebih cermat, ada perbedaan yang mencolok di antara keduanya. Mana yang lebih cocok untuk Anda? Cukup sesuaikan dengan kebutuhan. Bagi yang membutuhkan daya lebih besar, sistem hidrolik bisa dipilih. Untuk yang memerlukan daya yang tidak terlalu besar, pneumatik jawabannya. Semoga dari penjelasan tentang perbedaan pneumatik dan hidrolik ini Anda lebih mudah memahami dua sistem penggerak ini.

286x dilihat