Pemanfaatan On – Line Analyzer untuk Memonitor Kualitas Uap di PLTP ( Geothermal Power Plant)
Pembangkit Listrik

Pemanfaatan On – Line Analyzer untuk Memonitor Kualitas Uap di PLTP ( Geothermal Power Plant)

Ditulis Oleh: Metalia Andarini | Diterbitkan pada 07 April 2022 | Dimodifikasi terakhir pada 07 April 2022

Kemurnian uap dapat menjadi faktor penting dalam menjaga keandalan, ketersediaan, dan efisiensi di pembangkit listrik tenaga panas bumi. Kemurnian dan kualitas uap yang buruk  dan kerusakan peralatan karena terjadinya korosi dan erosi.

 

Pengukuran online kemurnian uap adalah teknik yang dianggap penting untuk pembangkit listrik dan proses industri lainnya menggunakan uap. Semua teknologi sebelumnya melibatkan 100% kondensasi sampel uap, yang biasanya dikumpulkan secara isokinetik.

 

Kontaminan yang sering ditemukan dalam uap panas bumi yang digunakan untuk pembangkit listrik meliputi, antara lain, silika, boron, klorida, natrium, karbon dioksida, hidrogen sulfida, hidrogen dan partikel (bahan pembentukan dan produk korosi)

 

Konsentrasi natrium, silika, atau klorat yang berlebihan juga dapat membantu cepatnya  proses korosi.

 

Online analyzer Mettler Toledo seperti Sodium & Silica analyzer, pH meter dapat membantu mengontrol kualitas dari uap panas di pembangkit panas bumi. Melalui monitoring online , diharapkan dapat menjaga kemurnian uap sehingga dapat memaximalkan efektifitas dari system turbin.

133x dilihat