High Pressure Cleaner
High Pressure Cleaner

Ragam Fungsi dan Kegunaan High Pressure Cleaner

Ditulis Oleh: Hyprowira | Diterbitkan pada 13 November 2019 | Dimodifikasi terakhir pada 13 November 2019

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan dalam membersihkan kotoran yang melekat di dinding Anda? Atau kotoran yang menempel pada badan mobil Anda? Ada solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dengan menggunakan High Pressure Cleaner, Anda bisa membersihkan kotoran tersebut dengan mudah. Namun, apa itu High Pressure Cleaner? Mari kita simak ulasan berikut ini.

High Pressure Cleaner adalah sebuah alat yang bekerja berdasarkan pemampatan air pada tekanan tinggi. Pada dasarnya,cara kerja High Pressure Cleaner sama dengan cara kerja kompresor udara. Perbedaan dari mereka berdua terletak pada benda yang dimampatkan. Biasanya, benda yang dimampatkan pada kompresor adalah gas atau udara, sedangkan pada High Pressure Cleaner adalah benda cair.

 

Dalam pemakaian atau pemilihan High Pressure Cleaner, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

- Untuk keperluan apa alat tersebut digunakan

- Tekanan ataupun flow rate air yang diperlukan 

- Peralatan atau aksesoris apa yang diperlukan dan tersedia

- Daya listrik yang dibutuhkan

 

Untuk menggunakan High Pressure Cleaner secara optimal, ada beberapa aksesoris bisa Anda lengkapi:

Spray Gun

Spray Gun adalah perlengkapan baku yang berfungsi sebagai media output mesin, biasanya ujungnya yang berupa nozzle dapat diatur dengan semprotan yang bisa melebar ataupun terfokus.

Tabung Sabun(Foam Lance, Soap Dispenser)

Tabung sabun adalah perlengkapan yang biasanya ada yang terpasang pada mesin dan juga ada yang terpisah. Tabung sabun sendiri berfungsi sebagai tempat penampungan sabun. Pada saat Anda memerlukan tabung sabun, Anda bisa menarik bagian yang terpasang pada mesin atau dipasang di ujung dari gun kit mesin jika tidak terpasang pada mesin. Mesin yang memakai tabung sabun biasanya memiliki tekanan kerja yang lebih besar dari 40 Bar.

Rotor Power

Rotor Power berfungsi sebagai pembersih kotoran yang susah dibersihkan. Cara kerja Rotor Power dirancang sedemikian rupa. Sehingga, hasil dari semprotan yang keluar dari gun kit merupakan semprotan yang berbentuk pusaran disamping pola menyapu (spraying) sekaligus membentuk semprotan yang memiliki pola berputar.

Nozzle (Pointing, Spraying)

Untuk High Pressure Cleaner bertipe pointing. Nozzle yang digunakan adalah yang cocok dalam pengerjaan yang memiliki jarak antara ujung gun dengan benda kerja yang lebih jauh. High Pressure Cleaner biasanya dipakai pada benda yang memiliki ruang sempit ataupun yang sulit dijangkau. Sedangkan, untuk yang High Pressure Cleaner bertipe spraying hanya digunakan untuk pekerjaan yang biasa atau tidak sulit.

Burner

Burner memiliki fungsi sebagai pemanas air yang dikeluarkan dari mesin. Air bertekanan yang keluar dari mesin dipanaskan sampai suhu tertentu (200 Celcius).

Total Stop System

Total stop system adalah peralatan yang berfungsi sebagai tombol ON / OFF pada mesin.

 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merawat dan menggunakan High Pressure Cleaner (HPC), Anda bisa menyimak pada penjelasan di bawah ini:

- Pastikan tegangan listrik dalam keadaan stabil (tidak naik dan turun) saat menggunakan High Pressure Cleaner, karena jika High Pressure Cleaner tidak berada dalam keadaan stabil akan berakibat pada kerusakan sistem elektrik perangkat High Pressure Cleaner.

- Jangan menggunakan air yang kotor saat Anda mengoperasikan High Pressure Cleaner, karena hal itu dapat menyumbat bagian saringannya.

- Pastikan bahwa pasokan air tidak terganggu. Hal ini disebabkan mesin High Pressure Cleaner masih tetap berjalan meski tombol operasional tidak dalam keadaan menyala. Jika pasokan air sering berhenti tiba-tiba saat Anda menggunakannya, akan membuat mesin jadi rusak.

- Jika Anda hendak membersihkan mobil, sebaiknya jangan menggunakan High Pressure Cleaner dengan memberikan tekanan yang terlalu besar, permukaan cat badan mobil bisa rusak jika Anda tetap melakukannya.

- Anda harus selalu membuang tekanan udara yang biasanya masih tersisa setelah Anda selesai menggunakan mesin. Cukup dengan menekan trigger gun/setang tembak.

- Setelah Anda selesai menggunakan High Pressure Cleaner, matikan dan keringkan mesin dengan kain yang kering pada semua material High Pressure Cleaner yang terbuat dari logam.

- Simpan High Pressure Cleaner di tempat yang kering dan bersih serta tidak terkena sinar matahari secara langsung.

 

Itulah ragam fungsi dan kegunaan High Pressure Cleaner beserta cara menggunakan dan penggunaannya. High Pressure Cleaner sendiri banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan digunakan sebagai alat pembersih.

High Pressure Cleaner memiliki beberapa keunggulan, yaitu jauh lebih cepat, lebih bersih, dan bahkan dapat membuat cat, kotoran, dan lumut yang melekat pada benda yang Anda bersihkan terkelupas bersih. Biasanya High Pressure Cleaner banyak digunakan di pertambangan, bengkel mobil, restoran, pabrik, dan masih banyak lagi. Jika Anda membutuhkan alat untuk membersihkan perangkat yang Anda miliki, tidak ada salahnya mencoba menggunakan High Pressure Cleaner merek FA-SA, yang dapat Anda beli di PT Hyprowira Adhitama sebagai distributor eksklusif untuk Indonesia.

1532x dilihat

Artikel Lain