Varnish Adalah
Varnish di Pelumas

Mengenal Varnish pada Pelumas Turbin

Ditulis Oleh: Hyprowira | Diterbitkan pada 17 February 2020 | Dimodifikasi terakhir pada 17 February 2020

Industri yang menggunakan pabrik sebagai pusat produksi tidak bisa dipandang sebelah mata. Tidak hanya dalam manajemen produksi saja, tetapi juga perawatan mesin pabrik. Dalam mesin produksi pabrik, pastinya memiliki berbagai macam komponen. Agar bisa memiliki mesin yang berperforma bagus, tentu saja harus ada proses pengecekan dan perawatan mesin. Jika tidak melakukan aktivitas secara berkala, maka pada masanya mesin tersebut akan rusak. Dalam perawatan mesin, ada beberapa macam cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah varnish.

Varnish adalah lapisan deposit tipis yang tidak akan larut. Bisanya varnish akan terbentuk di atas permukaan benda yang terlebih dahulu sudah dibasahi oleh minyak. Varnish kerap ditemui di dalam sistem pelumasan turbin, termasuk di dalam servo valve dan bearing.

Dari sedikit penjelasan di atas, maka sudah terlihat jelas kalau mesin pabrik yang menggunakan sistem turbin perlu menghilangkan varnish yang biasanya muncul ketika mesin sudah digunakan terus menerus. Untuk mengenal lebih dalam tentang varnish, berikut penjelasan dan fungsinya dalam pabrik.

 

Definisi Varnish

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, varnish adalah unsur yang biasanya ada di dalam sistem pelumasan turbin, termasuk di bagian bearing dan servo valve. Sebagai sebuah unsur, varnish menjadi bagian yang mengganggu. Mengapa mengganggu? Karena varnish bisa bertahan di suhu mesin yang lebih tinggi. Selain itu, reservoir fluida yang lebih kecil, base oil yang memiliki solvabilitas lebih rendah, dan siklus layanan yang tinggi.

Dengan posisinya yang mengganggu, tentu saja di setiap pabrik harus ada sistem penghilangan varnish dengan kualitas yang baik. Jika tidak ada sistem penghilangan varnish, maka tidak akan ada sistem produksi yang baik. Untuk hal ini, sebenarnya perlu pengontrolan varnish yang tepat. Jika tidak ada pengontrolan varnish maka hasilnya adalah endapan yang mengganggu kinerja mesin dan bisa membuat pabrik Anda tidak bisa memproduksi dengan maksimal.

 

Pengontrolan Varnish

Bagi pemilik pabrik yang ingin melakukan pengontrolan varnish, Hyprowira menyediakan jasa untuk hal ini. Kami menggunakan sistem berbasis resin The Pall Sentry. Sistem ini memang dirancang untuk menghilangkan prekursor varnish dari minyak secara efisien. Dengan hal ini, maka endapan varnish yang biasanya muncul di permukaan bisa menjadi larut kembali. Dengan begitu, bisa langsung dihilangkan dengan skid perawatan Sentry.

Untuk bisa membersihkan semua endapan yang ada, harus dilakukan perawatan secara terus menerus, khususnya ketika turbin sedang beroperasi. Dengan perawatan terus menerus, maka sistem oli bisa bebas dari varnish.

Dengan kondisi ini, maka sebaiknya Anda melakukan pengontrolan varnish secara berkala dan terus menerus. Tidak hanya sekali dalam satu waktu, tetapi beberapa kali dalam satu waktu. Tentunya Anda tidak mau mesin pabrik yang dimiliki menjadi terganggu dari sisi performa hingga rusak tidak bisa digunakan karena endapan varnish, bukan?

 

Bagi yang tertarik untuk melakukan pengontrolan varnish, Anda bisa menghubungi kami dengan mengunjungi website kami. Klik di sini untuk masuk ke website kami dan membaca lebih dalam tentang mengapai pengontrolan varnish itu penting. Hyprowira merupakan produsen jasa perawatan mesin hingga distributor berbagai macam alat pabrik dan produksi industri besar. Kami siap memberikan perlayanan terbaik kepada Anda karena itulah yang telah kami berikan kepada para klien kami yang telah menggunakan jasa kami.

3195x dilihat