Laser Shaft Alignment
Shaft Alignment

9 Kelebihan Laser Shaft Alignment Dalam Industri

Ditulis Oleh: Hyprowira | Diterbitkan pada 23 July 2020 | Dimodifikasi terakhir pada 23 July 2020

Sebuah industri pastinya sangat membutuhkan shaft alignment atau yang bisa disebut juga sebagai coupling alignment. Shaft alignment adalah proses kerja yang bermanfaat untuk menyelaraskan dua poros atau dua sumbu objek sehingga bisa simetris atau segaris lurus, baik secara vertikal maupun horizontal. Salah satu jenis yang banyak digunakan adalah laser shaft alignment. Berikut ini beberapa kelebihannya untuk industri.

 

Mengenal Shaft Alignment

Kebanyakan mesin yang berotasi secara terus menerus pastinya sangat rentan mengalami ketidaksejajaran. Nah, ketidaksejajaran ini bisa memengaruhi putaran mesin. Poros yang tidak sejajar bisa menyebabkan gesekan yang tinggi sehingga meningkatkan konsumsi energi, getaran, dan kebisingan yang tidak perlu. Ketidaksejajaran dua poros pada mesin juga akan menyebabkan kerusakan pada bearing dan seal, kebocoran seal dan pelumas, serta kerusakan awal pada shaft dan kopling.

Karena itulah, diperlukan yang namanya shaft alignment untuk memastikan dua sumbu yang berotasi tetap sejajar dan berada dalam satu garis lurus. Dengan shaft alignment, bisa dipastikan bahwa mesin akan bekerja secara lebih optimal, memiliki umur penggunaan yang lebih panjang, dan lebih aman dari risiko kerusakan.

 

Toleransi Shaft Alignment

Namun, meski shaft alignment digunakan untuk mempresisikan dua poros atau dua sumbu mesin, tetap saja ada masalah yang timbul, seperti salah pengukuran. Dua poros mesin tidak bisa selalu pas presisi berotasi pada satu sama lain. Akan ada kekurangan hitungan yang membuat poros tidak pas.

Oleh karena itu, ditetapkanlah batas toleransi pengukuran kurang dari 0,05 mm agar semua alat tidak menimbulkan getaran dan gesekan. Jadi, jangan khawatir ketika Anda akan menyelaraskan dua poros namun tidak bisa pas presisi karena memang itu adalah hal yang wajar.

 

Kelebihan Laser Shaft Alignment

Dari beberapa jenis shaft alignment, laser shaft alignment dianggap sebagai model yang paling memiliki banyak kelebihan. Tak heran karena memang laser shaft alignment dibekali dengan teknologi yang canggih sehingga bisa membuat dua poros berotasi secara presisi. Keunggulan laser shaft alignment antara lain adalah:

- Sinar laser tidak dipengaruhi oleh gravitasi atau bracket sag.
- Pengukurannya cepat dan akurat.
- Alat laser diputar untuk berbagai posisi di sekitar pusat rotasi poros, membuatnya hanya fokus mengukur pusat rotasi dan tidak terpengaruh oleh kopling eksentrisitas atau run-out.
- Sistem keselarasan laser poros memiliki perangkat lunak untuk menghitung nilai-nilai yang sangat akurat untuk koreksi horizontal dan shimming.
- Mampu mengukur secara vertikal 
- Memanfaatkan teknologi laser untuk mencapai pengukuran geometri dasar, seperti kelurusan, kerataan, dan kesejajaran.
- Mengukur dan mengompensasi perubahan dinamis dalam posisi mesin, seperti yang disebabkan oleh pertumbuhan termal mesin.
- Bisa mengukur lebih dari dua mesin yang digabungkan dalam satu proses pengukuran yang sama.
- Lebih akurat mengukur fungsi keselarasan yang lebih kompleks.

 

Pastikan Anda hanya menggunakan laser shaft alignment dengan hasil pengukuran yang akurat dan kesejajaran dua poros yang pas. Untuk itu, gunakan produk dari Vibro Laser yang menjadi produsen terbaik dalam urusan laser shaft. Dapatkan produk dari Vibro Laser hanya di Hyprowira sebagai satu-satunya distributor resmi yang ada di Indonesia.

1290x dilihat

Artikel Lain