Generator Magnet
Lifting Magnet

Penjelasan Generator Magnet Beserta Fungsinya

Ditulis Oleh: Hyprowira | Diterbitkan pada 13 February 2020 | Dimodifikasi terakhir pada 13 February 2020

Manusia membutuhkan listrik dalam berbagai kehidupan. Mulai dari penerangan, sarana hiburan, sumber energi segala macam barang elektronik rumah tangga, hingga penghasil panas dalam industri rumah tangga. Selain itu, listrik juga bisa digunakan sebagai penghasil gerak. Listrik memiliki fungsi yang sangat beragam untuk berbagai bidang, dan keberadaan manusia sangatlah bergantung pada listrik.

Dalam menghasilkan listrik, diperlukan pembangunan infrastruktur yang mumpuni. Salah satu komponen utama yang digunakan dalam pembangunan infrastruktur tersebut adalah generator listrik. Generator adalah alat yang digunakan untuk mengkonversikan energi mekanik menjadi energi listrik. Salah satu jenis generator yang lazim digunakan adalah generator magnet atau yang biasa dikenal dengan sebutan Permanent Magnet Generator.

 

Pengertian Generator Magnet

 

Generator magnet adalah generator yang dihasilkan dari magnet permanen yang bukan berupa kumparan. Sehingga, generator ini menghasilkan energi fluks magnetik dengan medan magnet permanen tersebut.

 

Bagian dan Cara Kerja Generator Magnet

 

Terdapat beberapa bagian dari generator magnet, yang pertama adalah rotor yakni merupakan magnet permanen sebagai penghasil medan magnet dari generator tersebut. Magnet disusun diatas sepasang media dengan bentuk menyerupai piringan yang mengapit stator sehingga memunculkan fluks yang mengelilingi kumparan stator. Medan magnet ini tidak perlu arus eksitasi DC. Bagian kedua adalah stator yakni gulungan kawat yang berputar. Gulungan ini berperan sebagai penerima medan magnet yang dihasilkan oleh rotor sehingga ujung-ujung stator akan menghasilkan listrik. Jumlah gulungan stator dapat mempengaruhi kualitas tegangan yang dihasilkan oleh generator.

 

Jenis Generator Magnet Permanen

 

Ada dua jenis generator magnet permanen yang dibedakan menurut aliran fluksnya, yaitu Axial Fluks Permanent Magnet dan Radial Fluks Permanent Magnet. Axial Fluks Generator Permanen Magnet atau biasa disingkat dengan AF PMG adalah generator dengan medan fluks yang memiliki arah sejajar sumbu putar. Energi fluks dihasilkan dari gaya tarik menarik yang dilakukan antara magnet permanen dengan dua kutub yang berbeda.

Pada Axial Fluks Permanent Magnet, stator dibuat dari bahan non-magnetic sehingga tidak mempengaruhi jalannya rotor magnet. Generator ini memiliki keunggulan dari generator model lain, yaitu dapat dengan mudah disesuaikan dengan kondisi udara karena dirancang dengan rasio daya tinggi dengan bahan inti seminimum mungkin. Axial Fluks Permanent Magnet ini juga dapat mengurangi topologi tambahan serta mengurangi kebisingan maupun tingkat getaran karena arah jalan udara fluks yang bervariasi.

Sedangkan, pada Radial Fluks Permanent Magnet, generator ini memiliki arah fluks yang searah dengan putaran rotor akibat magnetic rotor disusun melingkar menutupi bagian luar.Generator ini juga disertai inti dalam yang akan terhubung pada pusat rotor. Keunggulan dari Radial Fluks Permanent Magnet adalah kemudahan dalam pemasangan serta memiliki struktur yang mirip dengan motor DC atau AC yang sering ditemui dalam penggunaan sehari-hari.

 

Fungsi Generator Magnet

 

Generator magnet memiliki fungsi yang sangat beragam dalam kehidupan, mulai dari pemanfaatan energi seperti energi termal matahari, turbin angin yang memanfaatkan kekuatan angin. Generator magnet juga digunakan dalam berbagai industry seperti generator pada turbin listrik, mengubah output daya mesin turbin uap, proses pengubahan energi dalam turbin gas, memunculkan tenaga listrik yang berguna untuk grid, hingga mesin reciprocating. Namun, penggunaanya memerlukan generator yang sesuai dengan perputaran listrik yang dibutuhkan dengan alat tersebut. Sehingga, setiap generator harus dikembangkan agar menghasilkan tegangan dan frekuensi yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

 

Layanan yang Diberikan oleh Power Generation System

 

Power Generation System adalah salah satu perusahaan yang melayani bidang pembangkit listrik di Asia Tenggara. Power Generation System menawarkan generator repair atau perbaikan generator yang sudah teruji dengan sertifikasi ISO 9001 : 2008. Power Generation System juga menawarkan beberapa fasilitas seperti pendinginan secara langsung atau tidak langsung, penggantian aluminium, dan fasilitas lain yang bisa Anda manfaatkan untuk generator magnet Anda.

Power Generation System juga menawarkan tes, evaluasi, analisis dan pemeliharaan lanjutan yang bisa Anda manfaatkan untuk menghindari berbagai risiko kegagalan generator magnet Anda. Anda bisa menghubungi Hyprowira untuk keterangan lebih lanjut.

5224x dilihat