cara-membuat-magnet
Lifting Magnet

3 Cara Membuat Magnet Sederhana

Ditulis Oleh: Hyprowira | Diterbitkan pada 15 April 2021 | Dimodifikasi terakhir pada 15 April 2021

Magnet tidak hanya bisa dibeli dari toko, Anda pun bisa menerapkan cara membuat magnet sendiri di rumah. Ini bukan isapan jempol belaka! Magnet pada dasarnya merupakan metal yang dapat menarik besi, pertama kali ditemukan di sebuah tempat bernama Magnesia. 

Magnet alam termasuk jenis magnet yang jarang sekali ditemukan. Namun, kabar baiknya, jika Anda memerlukan magnet untuk proyek kerja Anda, ada cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan magnet buatan. Bahkan, hanya dengan memanfaatkan beberapa bahan sederhana saja Anda sudah bisa memiliki magnet buatan. Ini dia tiga cara membuat magnet sederhana yang bisa Anda coba sendiri.

Memakai cara induksi

Cara membuat magnet yang pertama adalah dengan menerapkan metode induksi. Metode induksi adalah metode yang menghantarkan daya tarik dengan memanfaatkan elemen-elemen konduktor. Caranya cukup mudah, Anda tinggal menyiapkan sebuah magnet permanen dan besi non-magnet lainnya yang hendak diubah menjadi magnet buatan dalam proses ini.

Setelah kedua bahan ini sudah siap digunakan, letakkan keduanya dalam posisi sejajar dengan jarak yang cukup dekat tetapi tidak menempel. Pastikan juga tidak ada barang berbahan metal lainnya di sekitar area tempat dua bahan ini diletakkan agar tidak mengganggu medan magnet dan proses induksi itu sendiri.

Selama berada dalam posisi ini, besi non-magnet yang disiapkan akan mengambil daya tarik dari magnet permanen secara perlahan. Jika beberapa barang yang terbuat dari besi didekatkan ke besi non-magnet ini, maka ia dapat menarik benda tersebut hingga menempel. Bahkan, selang beberapa jam, jika magnet permanen dipisahkan dari besi non-magnet, besi tersebut tidak akan kehilangan kemampuan magnetik yang sama dalam waktu dekat.

Baca juga: Cara Kerja Generator Magnet untuk Excavator 

Menggunakan aliran listrik

Aliran listrik juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara membuat magnet. Itu sebabnya cara membuat magnet buatan ini dikenal dengan proses elektromagnetik. Satu hal yang harus diperhatikan selama proses pembuatan magnet ini adalah sumber listrik itu sendiri. Untuk tujuan keamanan, sebaiknya Anda tidak memakai sumber listrik langsung dari stop kontak di rumah Anda.

Cukup gunakan baterai biasa dan Anda pun sudah bisa membuat magnet sendiri dengan teknik elektromagnetik ini. Ukuran baterai yang hendak digunakan pun bebas. Karena elektromagnetik ini proses yang membutuhkan direct current atau arus listrik searah, berarti Anda harus menyiapkan dua batu baterai. Siapkan juga benda besi yang hendak diubah jadi magnet dan juga kawat besi.

Kawat besi akan digunakan untuk membuat kumparan yang akan jadi perantara aliran listrik antara kutub positif dan kutub negatif pada batu baterai. Di ujung yang lain, hubungkan kumparan pada objek besi yang akan dijadikan magnet. Tunggu sebentar, lalu magnet buatan sendiri pun sudah bisa digunakan dan memiliki daya tarik terhadap objek besi yang lain.

Baca juga: Serba-Serbi Generator Magnet yang Wajib Kamu Tahu!

Menggosok magnet permanen

Cara terakhir ini bisa dibilang sebagai cara membuat magnet yang paling sederhana. Untuk menerapkan cara ini, Anda membutuhkan satu magnet permanen serta obyek besi non-magnet lainnya yang hendak dijadikan magnet buatan. Berikutnya, hal yang harus kamu lakukan adalah menggosok magnet permanen pada permukaan besi non-magnet tersebut.

Untuk menggosok magnet permanen ini, tidak bisa dilakukan sembarangan. Tidak akan sukses bila hanya digosok begitu saja. Pastikan Anda menggosok magnet permanen ini ke satu arah saja pada permukaan besi non-magnet. Lakukan dalam gerakan yang konsisten dan beraturan. Konsistensi arah dan gerakan ini akan mentransfer daya tarik magnet permanen ke besi non-magnet tadi.

Gosok berkali-kali dalam waktu yang cukup lama, kira-kira 2-3 menit. Ini pun tergantung besar objek yang hendak dijadikan magnet. Semakin besar dan luas penampangnya, semakin lama juga Anda perlu menggosok magnet permanen ini. Jika sudah selesai, objek besi non-magnet tadi akan menjadi magnet buatan yang pastinya sudah siap untuk digunakan. 

Walau terlihat sederhana, prinsip-prinsip pembuatan magnet ini juga banyak diadaptasi untuk membuat magnet dalam skala yang lebih besar. Seperti magnet yang fungsinya lebih besar dalam berbagai bidang industri, mulai dari magnet untuk peralatan medis hingga lifting magnet yang biasa digunakan dalam industri konstruksi. Semuanya dibuat dari prinsip cara membuat magnet yang serupa dengan yang di atas.

Baca juga: Scrap Steel Lifting Magnet untuk Excavator

1024x dilihat