Cara Menggunakan Mesin Scrubber
Scrubber

Bagaimana Cara Menggunakan Mesin Scrubber?

Ditulis Oleh: Hyprowira | Diterbitkan pada 30 January 2021 | Dimodifikasi terakhir pada 30 January 2021

Bagaimana cara menggunakan mesin scrubber? Sebelum membahasnya, terlebih dahulu Anda ketahui apa yang dimaksud dengan scrubber. Jadi, mesin scrubber adalah alat atau mesin pembersih lantai otomatis yang biasa dipakai untuk membersihkan tempat berarea luas seperti mall, kantor, rumah sakit, hingga bandara.
Bentuknya mirip seperti kotak, namun dengan bagian ujung-ujungnya yang tumpul. Di bagian bawahnya terdapat sikat yang bergerak otomatis untuk membersihkan kotoran, debu, dan noda yang menempel di lantai. Lalu, seperti apa cara menggunakannya? Simak panduan lengkapnya di bawah ini!

Cara menggunakan mesin scrubber

Mesin scrubber bisa dibilang sangat meringankan dan memudahkan pekerjaan bersih-bersih lantai area yang luas. Mesin ini berfungsi untuk membersihkan lantai dengan prosesnya yang dimulai dari membasahi permukaan lantai, menyikatnya, mem-vacuum, kemudian menyedot air dan chemical di permukaan lantai. Hasilnya, 99% lantai bersih dan bisa langsung diinjak kembali tanpa perlu menggunakan blower atau pengering lain untuk mengeringkan sisa air pembersihan. Cara menggunakan mesin scrubber mulai dari persiapannya bisa Anda simak di bawah ini:
1.Pertama, pasang sikat mesin scrubber (bagian berbentuk bundar dan berwarna hitam dengan brush di bagian bawahnya), lalu putar berlawanan dengan arah jarum jam.
2. Setelah itu, tarik batang pengunci disc sikat dan turunkan sikat dengan mendorong scrubber sedikit ke depan. Bagian batang pengunci ini ada di bagian samping mesin.
3. Buka tutup pengisian air, isi dengan air bersih secukupnya, lalu tutup kembali.
4. Karena cara menggunakan mesin scrubber membutuhkan arus listrik, maka pasangkan kabel power ke sumber listrik. Ada baiknya Anda memastikan ketersediaan sumber listrik pada area lantai yang akan dibersihkan agar mesin scrubber bisa dipakai.
5. Turunkan tuas untuk menurunkan bagian squeegee dan suction head.
6. Tarik tuas lainnya untuk mengatur sudut kemiringan handle atau bagian pegangan yang dipakai untuk mendorong mesin scrubber.
7. Nyalakan supply air.
8. Atur volume air yang keluar dari valve bagian bawah. Putar tuas ke arah “open” untuk membuka aliran arusnya.
9. Nyalakan motor vacuum.
10. Tekan switch pengaman, lalu tarik handle switch ke atas.
11. Dorong perlahan scrubber pada area yang akan dibersihkan. Pastikan area ini tidak terlalu jauh dari sumber listrik agar kabel tidak terlepas.


Cara membersihkan dan menyimpan mesin scrubber

Setelah selesai menggunakan mesin scrubber, bukan berarti bisa dibiarkan dan dilepas kabelnya dari sumber listrik. Anda perlu mengeluarkan dulu air kotor sisa pembersihan dan juga mencopot bagian sikatnya. Berikut panduan lengkapnya:
1. Setelah menyelesaikan cara menggunakan mesin scrubber dan seluruh area lantai bersih, matikan air supply.
Naikkan bagian squeegee dan suction head.
2. Matikan motor vacuum.
3. Tegakkan handle setelah pemakaian.
4. Untuk penyimpanan, lepas sikat dengan memutar searah jarum jam.
5. Kunci disc sikat dengan mendorong batang penguncinya.
6. Untuk pembuangan air kotor, keluarkan hose (selang berwarna hitam di bagian belakang mesin scrubber) dari penjepitnya.
7. Tarik penutup hose dan arahkan ke tempat pembuangan yang lebih rendah. Pastikan air kotor semuanya terbuang dan tidak ada sisa di dalam selang.
8. Selanjutnya adalah pembuangan air bersih. Sama dengan air kotor, keluarkan hose dan penjepitnya. Selang untuk air bersih ini letaknya agak sedikit di bawah hose air kotor.
9. Tarik penutup hose dan arahkan ke tempat pembuangan yang lebih rendah.
10. Setelah air terbuang, Anda bisa menyimpan mesin scrubber untuk digunakan pada waktu mendatang.

Cukup simpel, bukan, cara mengoperasikan mesin scrubber untuk membersihkan area lantai yang luas? Anda bisa memanfaatkan mesin ini untuk pembersihan lantai gedung kantor, mall, apartemen, rumah sakit, maupun bandara. Apabila sudah paham cara menggunakan mesin scrubber, sekarang saatnya memiliki mesin scrubber lantai untuk gedung Anda sendiri!

1353x dilihat