Proses Boiler
Simulator Proses

Proses Boiler Beserta Alat Penunjang

Ditulis Oleh: Hyprowira | Diterbitkan pada 28 May 2020 | Dimodifikasi terakhir pada 28 May 2020

Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, pastinya kita semua menggunakan listrik. Rasanya tidak mungkin beraktivitas dengan optimal tanpa adanya bantuan listrik. Semua orang membutuhkan listrik, tanpa terkecuali. Untuk bisa mendapatkan pasokan listrik yang sesuai kebutuhan, maka sangat diperlukan pembangkit listrik. Jenis pembangkit listrik ini pun beragam. Namun yang terhitung banyak digunakan adalah PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap). Dalam proses menghasilkan listrik, PLTU sebenarnya sangat membutuhkan bantuan dari boiler. Apa itu boiler? Bagaimana proses boiler beserta alat penunjangnya?

Pada dasarnya, boiler adalah istilah lain dari ketel uap yang merupakan perangkat mesin dengan fungsi mengubah air menjadi uap. Tentu saja proses boiler dalam mengubah air menjadi uap bisa terjadi berkat cara-cara yang dibantu oleh alat atau mesin penunjang yang benar. Untuk lebih tahu lebih lanjut, simak penjelasannya di bawah ini.


Proses Boiler

Sebagai bagian penting dari PLTU, sudah jelas boiler memiliki kinerja yang tidak bisa dilupakan. Untuk bisa mendapatkan tenaga yang layak ada cara kerja dari boiler itu sendiri. Inilah cara proses boiler:

- Pertama, proses perubahan air menjadi uap itu bisa terjadi karena adanya air yang dipanaskan di dalam pipa. Tentunya dengan memanfaatkan panas yang dihasilkan pembakaran bahan bakar.
- Selain itu, pembakaran juga dilakukan secara terus menerus dengan cara mengalirkan bahan bakar sekaligus udara dari luar.
- Kemudian, uap yang nantinya dihasilkan oleh boiler memiliki nama sebutan uap superheat. Uap ini sebenarnya memiliki tekanan dan temperatur yang tinggi.
- Untuk jumlah produksi yang dihasilkan, semuanya tergantung dari luas permukaan pemindah panas, panas pembakaran yang telah diberikan, dan laju aliran.

Itulah penjelasan proses boiler yang memang tidak banyak orang ketahui, tapi memiliki manfaat yang besar. Bagi industri PLTU sendiri, sebenarnya dibutuhkan juga alat penunjang yang bisa membuat boiler bekerja dengan maksimal. Alat ini memang terhitung modern, namun sudah pasti bisa membuat proses pekerjaan boiler menjadi lebih baik lagi.


Alat Penunjang Boiler

Untuk bisa mendapatkan alat penunjang boiler, sebenarnya mudah. Salah satu alatnya adalah simulator proses boiler dan turbin dari Weel & Sandvig. Perlu diketahui, sejak tahun 2006, Weel & Sandvig telah membuat simulator dinamis yang berguna untuk melakukan optimalisasi pembangkit listrik untuk beberapa negara seperti Denmark, Inggris, Tiongkok, dan Norwegia.

Dengan beberapa pembaruan sekaligus bekerja sama dengan B&W Volund, terciptalah sebuah simulator yang mampu bekerja optimal. Simulator ini memang fokus kepada first principle modelling. Inilah yang membuat tampilan desktop-nya menjadi lebih mudah dimengerti dan realistis karena sudah mirip dengan kontrol di pabrik yang sebenarnya.

Tidak hanya itu saja. Sebenarnya Anda juga bisa mendapatkan alat desain termal bernama WS-WTE. Alat ini bisa digunakan untuk tungku dan tata letak boiler dalam pabrik WTE dan pembangkit berbahan bakar biomas.

 

Jika memang Anda tertarik menggunakan produk simulator dari Weel & Sandvig ini sekarang juga, Anda sudah tidak perlu bingung. Simulator ini telah masuk ke Indonesia dengan PT Hyprowira Adhitama sebagai distributor utama Weel & Sandvig di Indonesia. Anda bisa mendapatkan produk tersebut dengan mudah dan bisa mendapatkan pelayanan terbaik dari Hyprowira. PT Hyprowira Adhitama merupakan distributor resmi produk-produk Weel & Sandvig di Indonesia. Hyprowira siap menjawab kebutuhan Anda untuk simulator proses boiler dan turbin. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi Hyprowira disini.

2089x dilihat

Artikel Lain

Cara kerja boiler