Peristaltic pumps
Pompa

Pompa Peristaltik

Ditulis Oleh: Hyprowira | Diterbitkan pada 11 May 2023 | Dimodifikasi terakhir pada 11 May 2023

Pompa peristaltik merupakan salah satu jenis pompa positive displacement yang banyak digunakan di berbagai industri antara lain farmasi, makanan dan minuman, pengolahan air, dan pertambangan. Pada artikel ini, kita akan membahas apa itu pompa peristaltik, cara kerjanya, dan manfaatnya.

 

Apa itu pompa peristaltik?

Pompa peristaltik adalah jenis pompa positive displacement yang menggunakan roller atau sepatu yang berputar untuk mengompres dan memindahkan cairan melalui tabung fleksibel. Kepala pompa pompa peristaltik biasanya terdiri dari motor, rol, dan tabung fleksibel.

 

Bagaimana cara kerja pompa peristaltik?

Prinsip kerja pompa peristaltik sederhana. Motor menggerakkan roller, yang menekan tabung fleksibel ke permukaan yang tetap, menciptakan segel yang bergerak di sepanjang tabung. Saat rol  bergerak, ia menekan dan mengendurkan tabung, menciptakan ruang hampa yang menarik cairan ke dalam tabung dan mendorongnya melalui kepala pompa.

 

Manfaat pompa peristaltik

- Pengukuran dan dosis yang tepat

Pompa peristaltik dikenal karena keakuratan dan presisinya dalam aplikasi pengukuran dan pemberian dosis. Mereka dapat diprogram untuk mengirimkan cairan dalam jumlah tertentu pada laju aliran yang tepat, membuatnya ideal untuk aplikasi yang membutuhkan takaran atau pengukuran yang tepat.

 

- Transfer cairan dengan kemurnian tinggi

Pompa peristaltik cocok untuk mentransfer cairan dengan kemurnian tinggi, seperti yang digunakan dalam aplikasi farmasi dan makanan dan minuman. Tabung fleksibel bertindak sebagai penghalang antara cairan dan kepala pompa, mencegah kontaminasi dari pompa.

 

- Perawatan rendah dan mudah dibersihkan

Pompa peristaltik memiliki desain sederhana yang membuatnya mudah dirawat dan dibersihkan. Karena cairan hanya bersentuhan dengan tabung fleksibel, kepala pompa tidak perlu sering dibersihkan. Selain itu, tabung fleksibel dapat dengan mudah diganti saat aus atau rusak.

 

- Dapat menangani cairan abrasif dan kental

Pompa peristaltik cocok untuk menangani cairan abrasif dan kental yang dapat merusak jenis pompa lainnya. Kepala pompa tidak bersentuhan dengan fluida, sehingga tidak ada resiko kerusakan pada komponen pompa.

 

- Serbaguna

Pompa peristaltik serbaguna dan dapat digunakan dalam berbagai aplikasi. Mereka dapat digunakan untuk mengukur, memberi dosis, mentransfer, dan mengeluarkan cairan di berbagai industri, termasuk farmasi, makanan dan minuman, pengolahan air, dan pertambangan.

 

Kesimpulan

Pompa peristaltik adalah solusi yang andal dan efisien untuk aplikasi pengukuran, pemberian dosis, dan transfer cairan. Akurasi, presisi, kemudahan perawatan, dan keserbagunaannya menjadikannya pilihan ideal untuk berbagai industri. Dengan menggunakan pompa peristaltik, perusahaan dapat meningkatkan produktivitasnya, mengurangi waktu henti, dan mempertahankan tingkat kualitas produk atau layanan yang tinggi.

 

Untuk kebutuhan pompa peristaltik, silakan menghubungi PT Hyprowira Adhitama, sebagai distributor Netzsch di Indonesia. 

1179x dilihat

Artikel Lain