Steam Cleaner
Artikel

Pengertian Steam Cleaner dan Cara Kerjanya

Ditulis Oleh: Hyprowira | Diterbitkan pada 13 February 2020 | Dimodifikasi terakhir pada 13 February 2020

Kebersihan perabotan rumah tangga, terutama yang bersentuhan langsung dengan lantai haruslah terjaga dengan baik. Sebab, pada perabotan tersebut banyak kotoran dan debu yang menempel dan menjadi penyebab munculnya bakteri jahat. Maka dari itu, Anda harus sering-sering membersihkannya secara rutin. Salah satunya adalah dengan menggunakan steam cleaner.

Mesin steam cleaner diciptakan oleh Frank W Ofeldt di tahun 1927 silam. Pada dasarnya steam cleaner membersihkan seluruh bagian permukaan dengan menggunakan uap. Biasanya steam cleaner digunakan untuk membersihkan karpet. Namun, selain untuk membersihkan karpet juga biasa digunakan untuk membersihkan gorden hingga keramik dan bahkan bisa juga untuk perhiasan.

Bagaimana cara kerjanya dan apa saja manfaat yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan steam cleaner tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

 

Cara Kerja Steam Cleaner

 

Sebenarnya, cara kerja steam cleaner cukup sederhana. Anda cukup menuangkan air bersih ke dalam sebuah wadah atau kontainer yang ada dalam mesin ini. Air tersebut kemudian dipanaskan dalam suhu tertentu hingga mendidih dan menghasilkan uap panas. Nantinya, uap tersebut yang akan disalurkan melalui selang yang dipasang di ujung mesin. Uap akan terus muncul selama persediaan air dalam wadah atau kontainer masih tersedia.

Panas dari uap ini dapat menyingkirkan debu yang melekat pada permukaan. Uap tersebut juga akan efektif dalam membunuh kuman dan bahan berbahaya pada bagian yang dibersihkan. Debu dan kotoran yang ada sangat mudah untuk menempel, dengan adanya uap yang panas tersebut mampu merontokkan debu dan kotoran sehingga lebih mudah untuk dibersihkan dan karpet makin terlihat bersih dan nyaman.

 

Manfaat Steam Cleaner untuk Kehidupan Sehari-hari

 

Steam cleaner memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Tidak hanya dalam dunia industri saja, kini juga ada steam cleaner yang digunakan untuk keperluan rumah tangga. Benda ini pun memiliki segudang manfaat yang perlu untuk Anda ketahui. Apa sajakah? Berikut beberapa di antara manfaat tersebut untuk kehidupan sehari-hari.

 

1. Mampu Membunuh Bakteri Jahat

 

Tak bisa dipungkiri lagi jika peralatan dan perabotan di sekitar kita setiap hari terpapar oleh debu dan kotoran. Debu dan kotoran tersebut membawa bakteri jahat yang jika dibiarkan akan berkembang biak dan menyebarkan penyakit tertentu. Menggunakan steam cleaner menjadi alternatif terbaik untuk membersihkan kotoran dan membunuh bakteri jahat.

Pasalnya, alat ini menggunakan teknologi uap panas bersuhu tinggi. Dengan demikian, mampu membunuh kuman lebih efektif. Anda dan keluarga pun menjadi aman dan nyaman dalam menggunakan perabotan rumah setelah dibersihkan.

 

2. Membersihkan Peralatan Lebih Aman

 

Manfaat selanjutnya dari steam cleaner ini adalah lebih aman digunakan. Terkadang untuk membersihkan perabotan dan peralatan kita menggunakan bahan yang mengandung kimia. Meski cukup efektif, namun di sisi lain bahan kimia tersebut membawa dampak negatif bagi kesehatan. Terlebih lagi jika kamu memiliki buah hati dengan usia balita. Menggunakan steam cleaner sangatlah aman dan tidak menggunakan bahan kimia. Namun, mengandalkan uap panas dalam sistem kerjanya.

 

3. Lebih Bisa Diandalkan

 

Terakhir, manfaat besar yang bisa kamu peroleh jika menggunakan steam cleaner adalah lebih bisa diandalkan. Berbeda dari pembersih lainnya yang menggunakan air, steam cleaner hanya sedikit membutuhkan air. Satu liter air yang digunakan untuk steam cleaner mampu untuk digunakan dalam membersihkan ruangan dengan luas sekitar 60 meter persegi.

Anda pun lebih menghemat air bila dibandingkan pembersihan secara konvensional. Selain itu alat ini tidak menimbulkan limbah dan pencemaran berupa air kotor di lingkungan. Dengan kata lain, steam cleaner ini lebih ramah lingkungan dibandingkan pembersih lainnya.

 

Kini, Anda sudah mengetahui bukan mengenai pengertian, cara kerja, hingga manfaat steam cleaner untuk kebersihan lingkungan? Anda pun bisa mendapatkan informasi produk steam cleaner terbaik di sini.. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

214x dilihat