Cara Alignment Shaft
Shaft Alignment

Cara Alignment Shaft yang Efektif dan Tepat

Ditulis Oleh: Hyprowira | Diterbitkan pada 28 May 2020 | Dimodifikasi terakhir pada 28 May 2020

Dalam industri hari ini, ada beberapa industri yang memang membutuhkan alat-alat berat dengan ukuran yang besar. Dengan alat-alat tersebut, mereka bisa memproduksi produk yang memang dibutuhkan oleh masyarakat luas dalam jumlah yang banyak. Biasanya industri seperti ini memang berhubungan dengan yang namanya pabrik. Namun untuk membuat seluruh alat di dalam pabrik bisa bekerja dengan maksimal, maka dibutuhkan pemeliharaan. Salah satunya dengan melakukan cara alignment shaft yang benar.

Mungkin sebagian besar dari Anda belum tahu apa itu alignment shaft. Atau mungkin sebelumnya sudah pernah mendengar salah satu bagian penting dalam pemeliharaan mesin. Jadi, allignment shaft adalah sebuah pekerjaan yang berfungsi untuk mensimetriskan dua objek sehingga bisa berada di posisi yang tepat. Dengan posisi yang tepat, maka poros penggerak dengan sumbu poros bisa berada dalam posisi sejajar sehingga bekerja secara optimal.

Namun dalam prakteknya, memang tidak mungkin selamanya bisa lurus. Biasanya ada toleransi sekitar 0,05 mm. Jadi memang tidak akan lurus 100%. Walaupun begitu, setidaknya hal ini sudah mampu membuat mesin bekerja secara baik. Selain itu, alignment shaft juga bisa menghindari masalah lain, seperti getaran, gesekan, dan lainnya.

Kebutuhan alignment shaft di dalam industri memang terhitung wajib. Ketika hal ini dilakukan secara berkala, maka umur mesin akan tetap panjang. Selain itu juga bisa mengurangi beban operasional untuk perbaikan mesin juga. Apalagi dengan banyaknya mesin yang dibutuhkan di dalam satu pabrik, maka perlu alignment shaft yang baik dan benar.

Untuk cara alignment shaft sendiri, memang ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Namun dari semua cara yang ada, metode menggunakan metode laser. Dari segi teknologi yang digunakan, sudah pasti jauh lebih berkualitas. Bagaimana cara alignment shaft metode laser yang baik?


Laser Alignment

Pada dasarnya, laser alignment adalah proses mensimetriskan dua objek dengan menggunakan sensor inframerah. Untuk bisa tahu bagaimana ukuran atau posisi yang tepat untuk objek tersebut, memang menggunakan inframerah sehingga memiliki posisi yang sama.

Bisa dibilang, laser alignment memberikan efisiensi dan produktivitas yang jauh lebih besar dibandingkan cara lainnya. Apalagi hasilnya bisa langsung diketahui saat itu juga. Ada beberapa keunggulan menggunakan laser alignment yang perlu Anda ketahui, dimulai dari:

- Memiliki perhitungan otomatis
- Proses yang berlangsung secara cepat
- Memiliki ketelitian yang tinggi
- Pengukuran yang dilakukan akan otomatis tercatat
- Data yang didapatkan bisa disimpan dan dilihatkan kembali.


Alat Laser Alignment

Inilah yang membuat laser alignment menjadi cara yang paling efektif dan tepat untuk saat ini. Hebatnya lagi, sekarang Anda sudah bisa mendapatkan alat laser alignment dengan mudah. Anda bisa menggunakan  VLSAT TM , yang merupakan alat laser alignment terbaik produksi Vibro Laser.

Dengan Vibro Laser, Anda bisa menghasilkan offset paling akurat dengan tingkat kesalahan di bawah 1%. Dilengkapi teknologi Dual-Beam ™ yang telah dipatenkan serta Live move screen Duo-Plane ™, akan membuat pekerjaan ini bisa dilakukan dengan cepat dan akurat. Selain itu, Vibro Laser dilengkapi juga dengan Bluetooth® Class 1 2.4 ghz atau kabel cadangan opsional.

 

Untungnya, Anda sudah bisa mendapatkan Vibro Laser ini dengan mudah. PT Hyprowira Adhitama merupakan distributor resmi produk-produk Vibro Laser di Indonesia. Hyprowira siap menjawab kebutuhan Anda untuk alat alignment shaft. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi Hyprowira disini.

1298x dilihat

Artikel Lain