Solid Contaminant

Torque Multiplier, Jenis dan Aplikasinya

Torque multiplier merupakan alat yang biasa dimanfaatkan untuk memberikan keuntungan mekanis di dalam menerapkan torsi untuk memasang atau melepas mur, baut maupun barang-barang sejenis lainnya. Torque multiplier juga dirancang secara khusus untuk diterapkan oleh torsi seperti misalnya aktuasi katup khususnya dimana terdapat persyaratan tertentu untuk torsi yang tergolong relatif tinggi.

Torsi Multiplier Hadir Dalam Berbagai Jenis Sesuai Kebutuhannya

Torque multiplier dimanfaatkan dalam aktivitas berbagai penggunaan torsi yang cukup sulit pada saat memanfaatkan sebuah cheater. Idealnya alat yang satu ini digunakan untuk dapat mengurangi leverage yang sangat dibutuhkan untuk mampu mencapai semua hal-hal tersebut. Torque multiplier bekerja dengan serangkaian gigi yang dapat di lipatgandakan kekuatannya untuk diterapkan dalam penggunaannya. Dapat dikatakan bahwa penggunaan torque multiplier ini lebih aman dibanding dengan menggunakan leverage yang diperpanjang (dalam kasus ini sering terjadi kegagalan). Torque multiplier secara umum digunakan dalam sebuah ruangan yang tertutup rapat dimana leverage yang digunakannya dengan cara memperpanjang bukan sebuah pilihan tepat. Untuk mengoperasikan torque multiplier hanya cukup lurus. Ini menjadi sebuah praktik yang terbaik bagi kalibrasi torsi multiplier setiap kali dimanfaatkan. Dengan demikian berbagai keperluan terkait pemanfaatan torsi menjadi lebih cepat terselesaikan. Akses penggantian yang tepat menjadikan para teknisi yang menggunakannya dapat membuka sendiri pengganda serta mengganti komponen di bagian internalnya untuk melakukan perbaikan secara mandiri dengan relatif cepat sekaligus murah. Adapun beberapa jenis torque multiplier yang sudah dikenal secara luas dan dapat dengan cukup mudah didapatkan di pasaran hingga saat ini antara lain adalah sebagai berikut ini:

Manual Torque Multiplier dengan tingkat akurasi kurang lebih 4%,
Pneumatic Torque Multiplier dengan tingkat akurasi mulai dari 5% hingga 7%,
Electronic Torque Multiplier memadukan penggunaan software dengan teknologi motor dengan tingkat akurasi tinggi ketika keduanya dijalankan atau dioperasikan dalam waktu yang bersamaan.


Ketiganya memiliki keunggulan dalam masing-masing penggunaan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan operator.
Aplikasi Torque Multiplier

Sebuah torque multiplier secara umum dimanfaatkan pada saat terdapat keterbatasan ruang yang secara otomatis melarang penggunaan pegangan terlalu panjang. Torque multiplier juga biasanya dimanfaatkan sebagai sebuah alternatif yang lebih aman, terutama saat harus memperpanjang tuas. Sehingga usaha atau kinerja operator sekaligus alat yang digunakan dapat lebih berkurang.


Dengan memanfaatkan torque multiplier, memungkinkan torsi menjadi lebih akurat. Tentu saja hal tersebut akan lebih mengurangi jumlah usaha yang dibutuhkan pada saat mengencangkan mur dan baut maupun benda-benda mekanis yang sejenis. Torque multiplier juga memungkinkan operator untuk melakukan aplikasi yang halus dan lembut guna memastikan bahwa tingkat torsi benar-benar lebih akurat. Baik dengan memanfaatkan torque multiplier manual, elektronik maupun pneumatic

59 views

Other Articles

Blog Image
Post Image