Bolting

Teknik Yang Benar Menggunakan Torque Multiplier (Multiplier Torque)

Torsi multiplier adalah tools yang sangat berguna bagi industri pembuatan mesin karena fungsi utamanya yang bisa menaikkan level torsi dengan cara yang lebih mudah di area yang tidak bisa dijangkau oleh tangan manusia. Penggunaan torsi multiplier biasanya digunakan untuk mengatasi adanya bengkok yang terjadi akibat pemasangan baut atau mur beda kekencangannya. Alkitronic adalah salah satu brand yang menjual berbagai produk  torsi multiplier yang sudah dijual di seluruh dunia dan unggul di antara brand lainnya. Keunggulan dari brand Alkitronic dalam memproduksi torsi multiplier adalah kualitas power dan juga penggunaan yang lebih baik, lebih efisien, memberikan tingkat kekencangan yang lebih baik sehingga output torsi yang dihasilkan bisa lebih tepat, terdiri dari banyak variasi sumber tenaga dan tentunya menggunakan teknologi dari Jerman yang sudah paten dan teruji untuk aplikasi wind turbine. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi dan manfaat dari torsi multiplier dalam industri mesin dan bagaimana teknik menggunakannya yang benar agar lebih efisien dan efektif.

Fungsi Torsi Multiplier

Secara umum torsi multiplier memiliki fungsi untuk menggandakan perbandingan nilai torsi pada sebuah mesin, sehingga semakin besar nilai perbandingan torsi maka semakin mudah mesin tersebut dijalankan yang disesuaikan dengan beban yang ditanggungnya. Dalam penggunaannya, torsi multiplier sering disebut sebagai cheater bars dan dinilai lebih aman digunakan untuk meningkatkan nilai torsi dibandingkan dengan menggunakan extended handles secara teknis. Gigi-gigi yang kerap digunakan untuk teknik menggunakan torsi multiplier adalah epicyclic gearing di mana pada setiap tahap gearing-nya akan meningkatkan level torsi dengan bantuan torsi multiplier.

Bersamaan dengan penggunaan torsi multiplier, output perbandingan kecepatan mesin yang dihasilkan lebih kecil jika dibandingkan dengan inputnya. Penurunan kecepatan pada mekanisme mesin ini justru membuatnya menjadi lebih proporsional dengan nilai kenaikan torsinya. Misalnya dengan menggunakan torsi multiplier dengan perbandingan 3:1 secara teori membuat tingkat torsi naik menjadi 3 kali lipat namun kecepatannya hanya 1/3-nya saja. Meski begitu, dalam praktek riilnya output nilai torsi yang keluar tidak sebanyak perhitungan teorinya karena adanya gesekan pada mesin dan juga faktor inefisiensi lainnnya pada mekanisme mesin. Dengan begitu perbandingan output torsi dengan kecepatan mesin masih proporsional.

Bagaimana Cara Menggunakan Torsi Multiplier

Langkah pertama untuk menggunakan torsi multiplier adalah pastikan Anda membaca dan memahami panduan manual yang disertakan dalam setiap kemasan pembelian torsi multiplier termasuk peringatan-peringatan yang diberikan. Lihat pada daftar spesifikasinya berapa nilai perbandingan multipliernya. Misalnya torsi multiplier yang Anda miliki memiliki perbandingan 25:1, artinya Anda harus menyetel kunci momen yang digunakan pada nilai 1/25 dari torsi yang dibutuhkan. Jangan menyetel lebih dari nilai input yang disarankan.

Langkah yang kedua adalah dengan memilih reaction point yang cocok. Posisi reaction point yang bagus akan menghasilkan tekanan yang maksimal. Sedangkan apabila salah dalam memilih reaction point maka tekanan yang dihasilkan bisa membuat mekanisme menjadi rusak atau aus. Setelah reaction point-nya tepat, mulai kencangkan kunci momen dan juga torsi multipliernya sampai terdengar bunyi klik yang artinya torsi multiplier sudah aman terkunci dan bisa digunakan.

Beberapa peringatan penggunaan yang mesti diperhatikan saat menggunakan torsi multiplier adalah sebaiknya tidak menggunakan pengungkit yang terlalu panjang. Meski terlihat bisa lebih mudah untuk digunakan namun penggunaan pengungkit panjang bisa berbahaya jika bersamaan dengan torsi multiplier. Untuk melepaskan torsi multiplier dilakukan dengan membalik cara pemasangan, jangan langsung dilepas atau bahkan dipaksa. Selain menggunakan produk torsi multiplier dari Alkitronic, pemilihan kunci momen yang tepat juga akan membuat kerja mekanis Anda semakin mudah dan efisiensi biaya.

3353 views

Other Articles

Post Image
Post Image
Post Image