Blog Image
Oil Condition Monitoring

Kapan Saya Harus Mengkalibrasi Kunci Torsi?

Kunci torsi adalah alat perkakas yang kini makin banyak digunakan pada pekerjaan mekanis untuk mengencangkan mur-mur dan juga baut pada alat-alat mekanis yang sedang dirakit. Kunci torsi ini biasanya digunakan pada pekerjaan akhir untuk mengencangkan mur dan baut sesuai dengan ukuran kekuatan kekencangan tertentu. Digunakan kunci momen untuk melakukan pekerjaan ini karena torsi memiliki lengan-lengan yang bisa masuk ke wilayah di mana tidak aman bagi tangan manusia. Pada gagang torsi biasanya terdapat jarum dan juga skala penunjuk yang fungsinya menunjukkan ukuran kekuatan kekencangan pada mur dan baut yang dipasang. Ukuran kekuatan kekencangan harus pas karena jika terlalu kuat bisa berakibat pada mesin yang tidak bekerja dengan maksimal misalnya pengikatan suhu pada mesin yang jadi tidak stabil.

Jarum penunjuk pada kunci torsi adalah elemen yang sangat penting untuk menjadi indikasi seberapa kencangnya pemasangan mur atau baut. Seiring dengan penggunaan kunci torsi, makin lama jarum penunjuk mulai bergeser akurasinya yang bisa mempengaruhi ketepatan pengukuran kekuatan. Jika dibiarkan, hal ini bisa berakibat fatal pada alat mekanis yang dipasang dengan menggunakan kunci torsi tersebut. Untuk mengembalikan kondisi skala yang akurat sempurna, proses kalibrasi perlu dilakukan secara rutin. Kalibrasi kunci torsi bisa dilakukan oleh tukang ahli, bisa juga dilakukan sendiri untuk perawatan jangka pendek.

Kapan kunci torsi harus dikalibrasi?

Seberapa sering Anda harus mengkalibrasi kunci torsi yang dimiliki agar skala ukurannya tetap memiliki nilai akurasi yang tinggi? Prosedur standar untuk melakukan kalibrasi pada kunci torsi adalah setiap 5000 kali putaran atau setiap 12 bulan sekali. Namun standar ini mungkin bisa berbeda karena masing-masing pengguna torsi terutama di perusahaan-perusahaan dan pabrik punya standar prosedur sendiri dengan memperhatikan frekuensi dan intensitas penggunaan kunci torsi setiap tahunnya.

Faktor lain yang mempengaruhi seberapa sering Anda harus mengkalibrasi kunci torsi adalah tingkat keamanan pada alat mekanis yang dikerjakan. Misalnya torsi-torsi yang digunakan pada industri pesawat terbang harus dicek setiap kali sebelum digunakan, beda dengan industri baja yang tidak membutuhkan pengecekan dan kalibrasi ulang sesering itu. Standar yang berlaku di dunia industri biasanya berpatok pada apabila torsi Anda sudah melewati batas 25% dari batas minimum yang aman, maka kunci torsi sudah sebaiknya dikalibrasi ulang.

Untuk mengetahui kapan kunci torsi Anda sudah harus dikalibrasi ulang atau belum Anda bisa membawa kunci torsi ke laboratorium yang memberikan layanan pengecekan indikator pada torsi. Atau bisa juga Anda lakukan sendiri dengan alat tes khusus yang bisa memberikan hasil tes akurat dan terpercaya. Alkitronic menjual alat pengetes kunci torsi untuk melihat apakah alat perkakas Anda sudah harus dikalibrasi ulang atau belum. Jaga kualitas dan keamanan perkakas Anda dengan rutin melakukan kalibrasi tergantung dari frekuensi pemakaian, dan juga tingkat keamanan yang menjadi tanggung jawab.

37 views

Other Articles