Blog Image
Article

Industri yang Tepat Menggunakan Botol Bersih

Untuk mengurangi atau meminimalisir kesalahan ketika melakukan analisa, pengambilan sampel dalam sebuah industri perlu dilakukan dengan sebaik mungkin. Selain dari memastikan bahwa teknik analisa itu sendiri memang sudah benar. Salah satu hal yang digunakan untuk meminimalisir kesalahan dari analisa itu sendiri adalah menggunakan botol sampling yang tidak akan mengkontaminasi sampel yang diambil. Pasalnya, botol sampel yang mengkontaminasi sampel akan mempengaruhi hasil analisa laboratorium.

Adapun beberapa industri yang membutuhkan adanya botol bersih sebagai media sampel diantaranya menyangkut laboratorium dan alat berat seperti yang disebutkan dalam pembahasan di bawah ini.

Industri Alat Berat

Memajukan industri barang dibutuhkan adanya alat-alat berat yang berguna membantu proses produksi menjadi lebih efektif sekaligus efisien jika dilihat dari segi tenaga, biaya maupun waktu. Untuk membuat alat-alat berat yang digunakan lebih efektif atau berfungsi lebih baik membutuhkan perawatan dengan lebih teratur. Salah satu perawatan yang dimaksud adalah menggunakan oli pelumas kualitas tinggi.

Sebagaimana diketahui, oli merupakan lubrikasi untuk melindungi metal-metal yang saling bergesekan dan menjadikan mesin dapat bekerja lebih mulus, tidak cepat panas, dan tidak cepat aus. Namun, untuk menghasilkan pelumas yang benar-benar berkualitas, dibutuhkan adanya analisa terhadap sampel yang tidak terkontaminasi oleh bahan kimia lainnya yang juga dapat mempengaruhi keausan mesin.

Salah satu industri yang menggunakan botol bersih sebagai wadah sampel adalah industri pelumas. Pada analisa pelumas yang digunakan untuk mendeteksi fungsinya terhadap performa mesin serta alat berat, dibutuhkan adanya botol bersih yang menjamin bahwa sampel pelumas tidak akan terkontaminasi. Hasil analisa sampel yang benar-benar bersih atau dalam artian tidak terkontaminasi tentunya lebih terjamin kualitas dan juga akurasinya.

Industri Kimia

Bukan hanya industri alat berat atau industri barang yang membutuhkan adanya botol bersih. Namun, industri kimia juga membutuhkan botol bersih sebagai wadah sampel. Khususnya sampel cairan kimia tertentu yang akan digunakan sebagai bahan analisa. Industri kimia yang dimaksud di sini memang tidak hanya terbatas pada obat-obatan, namun juga industri yang melakukan analisa atau penelitian terhadap berbagai cairan dengan tujuan pengembangan. Contohnya adalah analisa limbah dalam air yang mampu menghasilkan perbaikan air lingkungan dan analisa air minum dengan kadar pH tertentu. Adapun analisa air minum berkadar pH khusus ini biasanya dilakukan oleh industri air minum mineral.

Tentunya dalam industri kimia sangat dibutuhkan adaya analisa cairan yang tidak terkontaminasi untuk mendapatkan hasil dengan tingkat akurasi tinggi. Mengingat cairan seperti air atau bahan kimia menjadi sangat tidak sesuai ketika sedikit saja terkontaminasi. Bahkan dalam penelitian yang dilakukan adanya kontaminasi terhadap cairan sampel dapat merusak hasil analisa atau penelitian yang diperoleh

180 views

Other Articles

Blog Image