Blog Image
Solid Contaminant

Botol Bersih Vs Botol Steril

Botol bersih vs botol steril terkadang masih banyak orang yang tidak bisa membedakannya. Botol bersih adalah botol yang bebas dari polutan Misalnya debu yang berkuran micron. Botol bersih masih memungkinkan adanya kontaminasi bakteri. Sedangkan botol steril merupakan kondisi botol yang tidak terkontaminasi oleh zat biotic dan abiotik. Berikut ini adalah cara membersihkan dan mestreilkan botol yang perlu anda ketahui.

Cara Membersihkan Botol

Gunakanlah pelarut (solvent) yang di semprotkan dengan tekanan tertentu, kemudian hasil pencucian di validasi dengan Prosedur yang terdapat di ISO 3722.
Cara Mensterilkan Botol

Perebusan. Jika anda mensterilkan botol dengan cara direbus, maka anda harus memperhatikan jenis botol yang digunakan. Jika anda menggunakan botol bayi berjenis polikarbonat, maka botol tersebut dapat menghasilkan residu berupa senyawa kimia apabila dilakukan perebusan. Botol dengan pastik yang berbahan polikarbonat berjenis bisfanol akan menghasilkan residu yang dapat membahayakan kesehatan dan sistem hormone pada tubuh. Jika botol yang digunakan aman untuk proses sterilisasi, maka caranya adalah siapkan panci besar dan penutupnya. Isilah panci dengan air secukupnya sampai botol benar-benar tenggelam di dalam panci berisi air tadi. Anda harus memastikan tidak ada gelembung udara yang ada dalam botl. Selanjutnya tutup panci dan didihkan sampai 10 menit.


Sterilisasi menggunakan microwave. Botol juga dapat disterilisasi menggunakan microwave. Anda hanya memerlukan waktu selama 90 detik untuk mensterilisasi botol tersebut di dalam microwave. Jangan menutup botol tersebut selama anda melakukan sterilisasi di microwave karena di dalamnya dapat menimbulkan tekanan. Anda harus berhati-hati ketika melepas tutup microwave saat terjadi sterilisasi upa karea botol masih menyimpan panas. Metode ini mempunyai keuntungan yakni metode ini tidak meninggalkan rasa dan bau pada botol. Jika anda dapat menyimpan botol anda secara tertutup, maka botol anda tetap terjaga dalam keadaan steril selama 3 jam.


Menggunakan air dingin. Pastikan tidak ada gelembung udara yang tersisa di botol. Jagalah agar semua bagian botol terendam selama 30 menit agar botol dapat tersterilisasi secara optimal. Anda dapat menggunakan wadah plastic yang dilengkapi penutup untuk menggunakan metode ini. anda juga dapat menggunakan wadah atau ember yang bersih untuk merendam botol.


Semoga anda dapat menerapkan cara tersebut dan memahami perbedaan botol bersih vs botol steril.

2990 views

Other Articles

Post Image
Post Image