Blog Image
Article

Alasan Menggunakan Super Clean Bottle Sampling Untuk Analisa Oli Alat Berat

Untuk memajukan produksi industri barang, digunakan alat-alat berat untuk membantu proses produksi yang lebih efektif dan efisien dari segi biaya, tenaga, dan juga waktu. Agar bisa berfungsi dengan baik, alat-alat berat ini harus dirawat dengan teratur termasuk menggunakan oli pelumas berkualitas tinggi. Oli berguna sebagai lubrikasi agar melindungi metal-metal yang saling bergesekan sehingga mesin tidak cepat aus dan bisa bekerja dengan lebih mulus dan tidak cepat panas. Oleh karena itu dibutuhkan oli berkualitas tinggi dan tidak terkontaminasi dengan bahan kimia lain yang bisa mempengaruhi keausan mesin. Untuk menjamin oli yang digunakan bebas dari kontaminasi, industri pabrik minyak menggunakan bottle sampling dengan grade super clean untuk menganalisa hasil-hasil minyak yang dihasilkan. Bottle sampling dengan grade super clean ini juga telah melalui pengujian secara ketat dengan menggunakan alat yang disebut dengan particle counter. Particle counter adalah alat yang digunakan untuk menghitung jumlah partikel dalam setiap satuan benda tertentu ada yang digunakan untuk mengukur partikel pada benda cair, benda padat, dan aerosol. Berikut adalah yang mesti Anda ketahui tentang peran particle counter dalam menjamin kualitas super clean bottle sampling.

Automatic Particle Counter

Automatic Particle Counter atau APC adalah alat yang digunakan untuk menghitung satu per satu partikel yang ada pada sebuah medium. Cara kerjanya secara umum adalah partikel yang masuk ke dalam bilik analisa disinari oleh cahaya dengan intensitas yang tinggi, umumnya menggunakan sinar laser. Kemudian secara otomatis hasil gambar dari penyinaran partikel tersebut direkam dan ditampilkan pada layar komputer untuk kemudian dihitung dan dianalisa dan menentukan tingkat dari kebersihan medium tersebut. Mesin APC yang digunakan dalam industri minyak atau oli saat ini terdiri dari portable APC dan onsite-machine.

Aplikasi Mesin APC untuk Super Clean Bottle Sampling

Penggunaan mesin Automatic Particle Counter untuk memeriksa tingkat kebersihan dari bottle sampling untuk industri minyak atau oli alat berat semakin meningkat selama beberapa tahun belakangan. Hal ini disebabkan oleh adanya hasil-hasil penelitian yang menyatakan bahwa keausan mesin yang digunakan pada mekanisme alat berat dipengaruhi oleh jumlah partikel yang terdapat pada oli yang digunakan. Maka dari itu APC digunakan untuk menghitung jumlah partikel yang ada pada bottle sampling yang digunakan agar bisa mengontrol kontaminasi yang terjadi saat menganalisa oli menggunakan bottle tersebut.

Grade bottle sampling ditentukan berdasarkan jumlah partikel yang terdapat dalam 10 microns/ml cairan dan dibagi menjadi 3 kelas yaitu Clean, Superclean, dan Ultraclean:

1. Bottle sampling grade Clean memiliki jumlah partikel kurang dari 100 partikel setiap 100 micron/ml.
2. Bottle sampling grade Superclean memiliki jumlah partikel kurang dari 10 partikel setiap 10 microns/mm.
3. Bottle sampling grade Ultraclean memiliki jumlah partikel kurang dari 1 partikel setiap 10 microns/mm.

Di antara grade bottle oil sampling di atas, grade Super clean adalah grade yang paling banyak digunakan pada industri alat berat atau industri minyak. Standar grading untuk bottle oil sampling ini sudah berdasarkan standar internasional dari ISO 3722 yang juga sudah dicapai oleh Botol Bersih dari Hyprowira. Pastikan Anda hanya menggunakan Botol Bersih dari Hyprowira dengan grade super clean untuk melakukan analisa terhadap oli yang akan digunakan untuk melumasi alat-alat berat yang digunakan untuk industri berskala besar agar menjaga kualitas oli yang digunakan tidak terkontaminasi dari bahan material botol.

46 views

Other Articles

Blog Image
Blog Image