Blog Image
Article

5 Kesalahan Dalam Penggunaan Kunci Momen

Kunci momen atau yang sering juga disebut sebagai kunci torsi memiliki fungsi untuk mengeratkan baut maupun mur yang disesuaikan dengan ukuran kekuatan kencang tertentu. Jika dilihat, maka pada kunci momen akan tampak bagian ujung yang dapat dipasangi dengan kunci soket menyesuaikan ukuran mur atau baut yang akan dieratkan. Sedangkan di ujung lainnya, tepatnya yang posisinya berdekatan dengan hadle kunci momen tampak adanya jarum penunjuk atau deretan angka yang menunjukkan berapa nilai kekuatan kencang dari baut maupun mur yang sedang dieratkan. Jarum tersebut akan bergerak dengan menyesuaikan kekuatan kencang yang diberikan.

Adapun fungsi kunci momen atau kunci torsi ini hanya digunakan dalam pengerjaan akhir dalam rangka menjadikan baut maupun mur lebih kencang. Sehingga ketika permulaan mengencangkan mur maupun baut hanya cukup digunakan kunci biasa, baik itu kunci soket, kunci ring hingga kunci pas. Kemudian jika memang sudah cukup erat baru menggunakan kunci momen atau kunci torsi untuk mengeratkan dalam proses akhir yang menyesuaikan nilai kekuatan kencang baut maupun mur. Sayangnya, dalam menggunakan kunci momen ini sendiri seringkali mendapati adanya kesalahan diantaranya di bawah ini.

Terlampau Kuat

Memang mengeratkan mur maupun baut menjadi aktifitas yang sebenarnya membutuhkan pengalaman upaya menjadikannya lebih kencang. Salah satunya adalah mengoperasikan kunci momen secara benar. Karena jika terlalu kuat hanya akan menyebabkan terjadinya tegangan yang berlebihan pada benda yang dikencangkan menggunakan mur atau baut tersebut. Saat terlalu kuat menyebabkan terjadinya patah tangkai baut.

Tidak Menggunakannya Dengan Posisi Benar

Umumnya menggunakan kunci momen yakni menempatkan kepala kunci momen dengan cara ditahan. Hal tersebut dilakukan untuk membuat kunci shock tetap berada pada posisi yang tepat. Adapun posisi yang tepat di sini adalah sejajar dengan lengan. Kemudian sambil menarik gagang kunci torsi atau kunci momen, menariknya juga harus sejajar dengan jarum jam.

Socket Tidak Sesuai Dengan Ukuran Baut/Mur

Karena di bagian ujung kunci momen harus dipasangi dengan socket, maka ukurannya harus dipastikan memang sudah sama dengan berbagai macam ukuran baut atau mur yang akan dikencangkan. Pasalnya, jika tidak sudah pasti menjadi sulit difungsikan.

Melewatkan Kunci Pas

Kunci momen seharusnya digunakan dalam step akhir setelah dilakukannya pengencangan baut dengan menggunakan kunci pas. Maka dari itu semestinya pengencangan baut terlebih dahulu dilakukan secara bertahap dan bukan langsung menggunakan kunci momen dengan tujuan menghindari kepuntir, baling hingga pecah.

Ukuran Tidak Sesuai Mur/Baut

Lupa menyesuaikan ukuran kunci momen dengan mur atau baut adalah kesalahan fatal. Mengingat dari kunci yang berfungsi mengencangkan mur atau baut ini memiliki ukuran berbeda-beda sesuai dengan ukuran dari baut maupun mur yang akan dikencangkan.

63 views

Other Articles

Blog Image
Blog Image