Bolting

10 Hal Yang Harus Anda Tahu Tentang Torque Multiplier

Fungsi torque multiplier atau pengganda torsi adalah untuk memberikan atau memudahkan pekerjaan mekanis misalnya untuk memutar baut, mur, atau perkakas lainnya yang membutuhkan torsi lebih besar yang berada di luar jangkauan kekuatan fisik manusia. Umumnya torque multiplier digunakan sebagai kepanjangan dari handle yang panjang atau ketika space yang ada tidak bisa dicapai oleh handle. Torque multiplier juga digunakan untuk mencapai titik torsi yang lebih cepat dan lebih aman bagi operatornya. Ingin tahu lebih lanjut tentang penggunaan torque multiplier, berikut adalah 10 hal tentang alat mekanis ini.

Menggunakan torque multiplier dengan aman

Bagaimana caranya menggunakan torque multiplier dengan benar? Berikut adalah hal yang mesti Anda ketahui:

- Ketika multiplier digunakan dalam frekuensi yang reguler sebaiknya tidak perlu digunakan kemudian disimpan kembali, melainkan dibiarkan saja dalam kondisi standby. Tetapi jika perlu disimpan, sisakan sedikit kompresi pada torque multiplier, jangan sampai ke angka nol dan jangan terlalu penuh karena bisa mengganggu akurasi torsi yang dibutuhkan.

- Dalam menggunakan pengganda torsi sebaiknya dilakukan dengan hati-hati, cermat, dan cukup hanya satu kali klik saja. Setiap tambahan klik yang digunakan maka aka nada tambahan torsi pada perkakas yang dikerjakan.
- Torque multiplier yang digunakan untuk kemudi tangan kiri pada kendaraan tertentu dan pada pedal sebelah kiri sepeda menggunakan putaran yang arahnya berlawanan dengan jarum jam, jadi sebelum digunakan sebaiknya cek dulu spesifikasinya karena jika salah putar maka bisa kehilangan kontrol pada torsinya.

- Ada banyak aplikasi smartphone yang bisa digunakan untuk mengkonversi satuan yang digunakan pada hitungan torsi agar bisa lebih presisi.
- Ketika ada perkakas yang akan dikerjakan dengan torque multiplier, sesuaikan skalanya dengan spesifikasi torsi yang dibutuhkan.
Mekanisme menggunakan torque multiplier

Membaca buku panduan mungkin sedikit merepotkan untuk Anda. Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk menggunakan alat ini:

- Posisikan tangan pada bagian tengah di area yang ditandai atau area load point, hal ini untuk menambah tingkat presisi penambahan torsi pada perkakas.
- Torque multiplier bisa digunakan untuk melepas baut atau mur asalkan skala torsi yang digunakan tidak melebihi batas maksimal.
- Dilarang keras untuk menambahkan perpanjangan handle misalnya menggunakan pipa, karena bisa mengurangi akurasi.
- Tidak semua torque multiplier ada kunci pengamannya, tapi jika ada jangan abaikan penggunaannya.
- Ada beberapa tipe parts di luar perlengkapan multiplier dari pabriknya yang bisa digunakan untuk mengoperasikan multiplier lebih mudah. Misalnya fitting dengan bentuk kaki burung yang bisa digunakan untuk memasang baut yang bentuknya kotak.

Itulah beberapa hal yang mesti Anda ketahui mengenai torque multiplier yang meliputi cara menggunakannya yang aman dan juga hal-hal yang mesti diperhatikan saat bekerja dengan torque multiplier.

460 views

Other Articles

Post Image
Post Image
Post Image